Daun Sambiloto, Daun Banyak Manfaat yang (Nyaris) Terlupakan

DOKTERGAUL.COM – Beberapa daun dikenal karena manfaat beserta khasiatnya. Contohnya yaitu daun sirsak yang dapat digunakan untuk rematik dan juga penyakit tulang.

Tanaman Herbal Alami

Daun jambu biji bisa digunakan untuk mengobati penyakit diare, beberapa produk yang dapat mengobati penyakit diare mengandung daun jambu biji. Daun sirih dapat digunakan untuk masalah kewanitaan, dapat membersihkan daerah kewanitaan dengan bersih.

Selain itu, daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi mimisan, keadaan dimana darah keluar melalui hidung secara tiba-tiba, hanya dengan meletakkan daun sirih di hidung maka mimisan akan berhenti dengan segera.

Daun lain yang juga bermanfaat tapi kurang terekspos adalah daun sambiloto. Daun sambiloto adalah tanaman dengan banyak khasiat bagi tubuh dan dapat mengobati penyakit yang ada di tubuh.

Daun sambiloto dikenal beberapa orang karena rasanya yang pahit seperti halnya empedu. Mungkin pepatah “sepahit empedu” terinspirasi dari daun sambiloto ini.

Sambiloto yang memiliki nama latin Andrographis paniculata ness merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat dan berguna bagi tubuh biasanya berupa ternak tegak ataupun tanaman yang tegak menjulang yang tingginya bisa mencapai 90 cm lebih.

Daun Sambiloto, Daun Banyak Manfaat yang (Nyaris) Terlupakan

Asal mula tumbuhan ini konon berasal dari asia tenggara dan selatan yang beriklim tropis. Dari wilayah india meluas sampai ke wilayah thailand yang dulunya bernama siam, menuju ke arah timur sampa ke arah semenanjung malaya. Dan terakhir ditemukan di daerah jawa sampai sekarang ini.

Tumbuhan sambiloto merupakan salah satu tanaman liar yang biasanya tumbuh di tempat yang tidak terawat dan tidak terurus.

Jangan heran apabila anda dapat menemukan tanaman ini di kebun, di pinggir sebuah sungai, di hutan ataupun di sebuah pekarangan rumah orang yang sudah tak terpakai lagi dan juga lembab.

Tanaman herbal obat ini mengandung beberapa senyawa aktif yang berguna bagi tubuh manusia, yaitu alkane, keton, aldehid dan beberapa kandungan mineral diantaranya adalah kalsium, kalium dan juga mineral natrium.

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SAMBILOTO

Daun tunggal dari sambiloto biasanya bertangkai pendek dan letaknya berhadapan sekaligus bersilang antara satu sama lain. Nah, daun sambiloto juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Menurunkan panas dalam pada tubuh

sambiloto dikenal memiliki kandungan senyawa yang dinamakan antiperetika yang sangat manjur dan mujarab untuk mengobati panas dalam yang kadang menyerang karena kondisi cuaca yang kadang tidak menentu.

2. Mencegah kanker

Kanker dan sangat rentan menyerang manusia biasanya terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat seperti memakan makanan fast food dan juga junk food serta polusi udara yang mengkhawatirkan adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit kanker beserta tumor.

Contohnya adalah kanker kulit dimana karena faktor pencemaran udara beserta sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari yang tidak sehat. Hal itu juga karena efek global warming alias pemanasan global yang akhirnya membuat lubang ozon dan menjadikan sinar matahari tidak sehat.

Nah, setelah terkena penyakit kanker dan tumor tentu sulit untuk mengobatinya dan tentu saja harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Bukankah lebih baik untuk mencegah daripada mengobati. Anda dapat mencoba untuk mencari daun sambiloto yang biasanya dijual di toko herbal yang berada di daerah anda.

3. Menurunkan tekanan darah

Manusia bisa mengalami yang namanya tekanan darah rendah dan juga tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi biasanya mengakibatkan seseorang menjadi temperamental dan juga pemarah.

Sedangkan tekanan darah rendah dapat membuat seseorang lemas dan lemas layaknya kurang darah merah ataupun anemia.

Beberapa orang mensiasati untuk menaikkan tekanan darahnya kembali dengan cara mengkonsumsi daging kambing, karena daging kambing dipercaya dapat menaikkan tekanan darah rendah. Tapi masalah mulai muncul ketika tekanan darah menjadi tidak terkontrol setelah mengkonsumsi daging kambing.

Memang mudah ataupun cepat sekali ketika anda ingin menaikkan tekanan darah anda tapi ketika anda ingin menurunkannya menjadi normal maka akan menjadi sangat sukar. Jika anda ingin menaikkan tekanan darah tanpa resiko anda bisa mencoba untuk mencari daun sambiloto.

4. Efektif untuk penyakit tifus

Daun sambiloto dapat juga digunakan untuk obat penyakit tifus. Caranya cukup mudah yaitu mengambil kira-kira 10 hingga 15 daun sambiloto dan kemudian anda rebus sampai hangat kuku setelah itu anda minum. Jika anda rutin meminum rebusan daun sambiloto ini, niscaya tifus anda akan segera sembuh.

***

Nah, demikianlah informasi beserta manfaat dari daun sambiloto. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Rujukan Lainnya:

efek samping daun inai, kegunaan daun mangar, khasiat daun kacang tujuh, empedu rusa, daun kacang tujuh helai, manfaat daun kacang tujuh, bentuk daun kacang tujuh, khasiat daun inai untuk rahim, cara meracun kambing, Manfaat daun monto

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]