Pengen Bakar Lemak? Coba Olah Raga Ini!

DOKTERGAUL.COM – Bagi anda yang berniat untuk membakar lemak dengan cepat, olah raga high-impact seperti berlari atau melompat, memang dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika anda termasuk orang yang jarang berolah raga, olah raga high-impact dapat menyebabkan resiko cedera. Apalagi jika anda melakukannya dengan jumlah yang cukup tinggi secara tiba-tiba.

Tapi, ada olah raga yang tetap dapat anda lakukan untuk membakar lemak anda dan menguatkan jantung anda, yaitu olah raga low-impact. Meskipun memiliki resiko cedera yang lebih rendah, namun anda tetap harus berhati-hati saat melakukan olah raga low-impact ini. Berikut ini beberapa olah raga low-impact yang dapat anda lakukan:

Bersepeda

Bersepeda merupakan olah raga low-impact yang menyenangkan dan tidak terlalu membebani sendi-sendi anda. Anda dapat bersepeda di dalam ataupun di luar ruangan sambil membakar kalori yang cukup banyak tanpa anda sadari.

Para peneliti melihat bahwa ketika seseorang bersepeda di luar ruangan, kalori yang terbakar akan lebih banyak dibandingkan dengan bersepeda di dalam ruangan dengan jarak yang sama.

Mendayung

Mendayung dapat membantu anda membentuk lengan, kaki, punggung, serta membantu memperbaiki postur anda. Mendayung selama satu jam dapat membakar 500 kalori anda.

Kabar baiknya adalah, tidak seperti treadmill, rowing machine yang ada di gym hampir dapat selalu anda gunakan kapanpun anda datang ke gym. Namun, jangan lupa untuk menggunakan teknik mendayung yang tepat untuk meminimalisir kemungkinan cedera.

Power Yoga

Ketika melakukan power yoga, anda mempertahankan sebuah posisi dalam beberapa tarikan nafas sebelum berubah ke posisi berikutnya. Saat melakukan power yoga, anda menggunakan hampir seluruh otot tubuh anda sehingga jantung anda akan turut terpacu. Dan kabar baiknya, anda dapat melakukan yoga di rumah.

Pada dasarnya, satu interval yoga akan membutuhkan waktu sekitar 18 menit saja. Dan jika anda melakukan power yoga selama satu jam, anda dapat membakar hingga 300 kalori anda dan meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh anda.

Renang

Air memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan udara. Oleh karena itu, berenang dapat menjadi olah raga low-impact yang baik dan juga menyenangkan. Berenang secara rutin 3 kali sepekan selama 6 bulan dapat membantu anda menurunkan berat badan, membentuk tubuh, memperkecil pinggang, dan memberikan dampak positif terhadap level kolesterol dalam tubuh dibandingkan dengan berjalan kaki dalam intensitas yang sama.

Itulah beberapa alternatif olah raga low-impact yang dapat anda lakukan sebagai bagian dari program diet anda. Selamat mencoba!

Rujukan Lainnya:

gabungan bintik bintik membentuk, kerangka karangan berolah raga, lompat tali menyebabkan hernia

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]