Apa Itu Penyakit Kusta dan Bagaimana Ciri-cirinya

DOKTERGAUL.COM – Saya ingat beberapa tahun yang lalu saat menyaksikan sebuah acara di layar televisi yang membicarakan tentang seorang wanita yang tinggal di sebuah wilayah yang sebagian besar penduduknya menderita penyakit kulit yang katanya menular, yaitu penyakit kusta.

Penyakit Kusta atau Lepra

Tidak ada seorang pun yang mau pergi ataupun tinggal di tempat tersebut karena orang-orang dari luar wilayah itu takut tertular. Karena keberanian dan dedikasi tinggi wanita tersebut untuk membantu penduduk disana, akhirnya pahlawan kemanusiaan tersebut di undang di acara tersebut.

Sungguh sebuah acara yang sangat menginspirasi penonton yang menontonnya, baik yang menonton di studio maupun di rumah.

Ngomong-ngomong tentang penyakit kusta, yang saya tahu benar adalah kusta suatu penyakit yang menyerang kulit, menular sekaligus tidak dapat disembuhkan.

Semenjak acara tersebut saya semakin ingin tahu lebih banyak dan mulai mencari tahu dari buku di perpustakaan tentang apa itu kusta. Apa anda adalah salah satu orang yang memiliki pemikiran yang sama dengan saya, ingin tahu apa itu penyakit kusta.

MENGENAL PENYAKIT KUSTA

Kusta sendiri dikenal dengan nama penyakit hansen ataupun lepra. Penyakit kusta sendiri adalah suatu penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir yang biasanya terdapat pada saluran atas dan juga mata.

Nah, apabila seseorang telah terserang penyakit kusta dan kemudian mulai menyerang syaraf otak maka biasanya orang tersebut akan mengalami yang namanya mati rasa.

Kusta biasanya disebabkan oleh sejenis bakteri yang memerlukan waktu yang lumayan lama, biasanya antara 6 bulan sampai dengan 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh penderitanya.

Biasanya tanda serta gejala dari penyakit kusta ini dapat muncul setelah bakteri yang tadi berkembang biak menginfeksi tubuh penderitanya selama 2 sampai 10 tahun lebih tergantung dari daya tahan si penderita kusta ini.

Meskipun pada dahulu kala kusta dianggap sebagai penyakit yang sukar diobati ataupun tidak bisa diobati sama sekali tapi sekarang penyakit ini sedikit jinak karena kecanggihan tekhnologi di dunia kesehatan yang akhirnya menemukan obat untuk mengatasi penyakit kulit ini.

Tetapi sayangnya, di indonesia sendiri masih banyak daerah yang masih disebut sebagai daerah endemik penyakit kusta ataupun disebut daerah yang masih banyak penduduk yang terkena penyakit kusta berdasarkan data dari WHO (World health organization).

GEJALA DAN TANDA PENYAKIT KUSTA

Ada sejumlah tanda dan gejala penyakit kusta yang sering dijumpai secara langsung, diantaranya :

1. Mati rasa

Karena penyakit kusta yang mulai menyerang syaraf menimbulkan mati rasa. Mati rasa sendiri ialah keadaan dimana kulit tidak dapat merasahakan suhu di sekitarnya hingga biasanya juga kehilangan sensasi ketika menyentuh suatu benda dan juga rasa sakit yang biasanya dirasakan oleh kulit.

2. Pembesaran pembuluh darah

Pembesaran pembuluh darah ini biasanya terjadi di sekitar siku maupun lutut.

3. Perubahan bentuk dan juga kelainan wajah

Apabila penyakit kusta mulai menunjukkan tanda-tanda mulai parah akan mulai menunjukkannya di area sekitar wajah yang mulai tidak berbentuk ataupun berubah menjadi asimetris tidak seperti biasanya.

4. Hidung tersumbat dan mimisan

Gejala selanjutnya yaitu hidung penderita menjadi tersumbat seperti seorang penderita flu dan pilek dan juga hidung mulai mimisan atau keluar darah secara terus-menerus.

5. Muncul luka di tubuh tapi tidak terasa sakit

Jika biasanya orang yang normal terluka maka akan terasa sakit. Contohnya seperti ini apabila seseorang tidak sengaja teriris pisau maka akan terasa sakit di tubuhnya seketika itu, tapi berbeda dengan penderita kusta mereka tidak akan merasa sakit sama sekali.

6. Kerusakan mata

Mata biasanya menjadi kering sama sekali dan menjadi jarang berkedip tidak seperti biasanya lalu biasanya nanti akan muncul benjolan ataupun selaput di area mata.

7. Otot menjadi lemah dan lumpuh

Pada penderita kusta tingkat lanjut biasanya akan berimbas pada otot yang menjadi lemah dan kemudian menjadi lumpuh persis seperti penderita penyakit lupus dan rematik ataupun diabetes yang akhirnya menyerang persendian.

***

Demikianlah ciri-ciri seseorang yang akan maupun sudah terjangkit penyakit kusta, dengan mengetahui ciri-ciri tersebut. Semoga anda semakin waspada dan jika ciri-ciri itu terjadi pada anda baiknya anda segera ke dokter untuk memeriksakan kondisi anda.

Rujukan Lainnya:

pengertian lemah bulu, gejala penyakit sango, ciri ciri penyakit selokarang, ciri ciri lapar garam adalah, ciri penyakit titanus, obat penyakit sango, Mimpi melihat orang sakit kusta, anatomi fisiologi kusta, pengenalan terapi muka dan kontur mata, mimpi melihat banyak penderita kusta

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]