Ketahui Masalah Tubuh Dari Keadaan Lidah

DOKTERGAUL.COM – Lidah merupakan salah satu bagian tubuh yang penting namun seringkali diabaikan kesehatannya. Padahal lidah sangat diperlukan untuk membantu kita membedakan rasa, makan sampai dengan berbicara.

Anda perlu memahami beberapa ciri apabila lidah sedag dalam keadaan yang kurang prima guna mencegah masalah lebih serius.

Tahukah Anda, selain sebagai indera perasa lidah juga dapat memberikan informasi seputar kesehatan seluruh tubuh. Yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan keadaan lidah. Lidah yang sehat biasanya berwarna berwarna sedikit merah muda, lembab, serta terlihat cukup mulus.

Apabila keadaan lidah Anda tidak seperti itu, mungkin lidah atau bagian tubuh Anda yang lain sedang dalam keadaan yang kurang baik.

Berikut adalah beberapa masalah yang biasa terjadi pada lidah :

Lidah berwarna putih

Biasanya lapisan putih atau bintik putih yang terlihat pada lidah disebabkan karena tubuh Anda dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain itu dapat pula karena sariawan, oral lichen planus, ataupun leukoplakia (keadaan di mana sel berasal dari mulut tumbuh secara berlebih).

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menyikat gigi dengan teratur, mengonsumsi makanan sehat bernutrisi serta mium air putih yang banyak.

Lidah pecah-pecah

Lidah seperti ini biasanya merupakan faktor keturunan atau akibat beberapa hal. Keadaan seperti ini tidak membuat sakit kecuali ada makanan yang terjebak di dalam.

Saat lidah mengalami masalah ini maka terlihat seperti ada sebuah jalur pada lidah, untuk ukuran dan kedalamannya bervariasi.

Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada cara khusus. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan lidah dengan teratur guna mencegah makanan terjebak di dalam alur untuk mencegah infeksi.

Lidah membengkak

Lidah yang bengkak dapat disebabkan efek samping sehabis memium alcohol. Selain itu dapat pula disebabkan alergi terhadap suatu obat atau makanan. Hindari minum alcohol serta makanan yang menyebabkan alergi guna mencegah masalah lidah ini muncul.

Lidah terlihat pucat

Biasanya lidah yag pucat diakibatkan oleh kekurangan zat besi, anemia, ataupun Vitamin B12. Caara mengatasinya adalah memakan makanan yang mengandung banyak gizi serta nutrisi.

Lidah berwarna hitam dan berbulu

Warna hitam pada lidah biasanya disebabkan oleh bakteri yang berlebih yag melekat pada papilla sehingga menyebabkan perubahan warna. Selain merubah warna, pertumbuhan papilla dapat pula membuat lidah Anda jadi berbulu.

Cara mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan menjaga kebersihkan mulut. Anda dapat melakukannya dengan cara menyikat lidah serta berkumurlah dengan hydrogen peroksida cair. Jangan sampai Anda menggunakan obat kumur yang salah karena ini dapat pula menjadi penyebab lidah Anda berubah warna.

***

Demikianlah beberapa masalah yang biasa terjadi pada lidah. Jangan sepelekan masalah ini karena bisa saja berubah menjadi hal yang lebih buruk. Cara paling umum untuk menjaga kesehatan lidah adalah memberishkannya dengan teratur dan penuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Rujukan Lainnya:

lidah bergelembung, arti mimpi lidah sariawan, pohon masalah osteoporosis, Stromaag, pohon masalah cephalgia, puki tak berbulu, obat ap provelyn dan apa efek negatifnya, pohon masalah katarak, lessi berbulu, Pohon masalah Struma

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]