6 Cara Agar Ibu Sehat Pasca Melahirkan

DOKTERGAUL.COM – Menjadi ibu adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan yang teramat membahagiakan, bagaimana tidak? setelah mengandung selama 9 bulan lamanya, akhirnya lahirlah seorang bayi “lucu nan imut” ke dunia.

6 Cara Agar Ibu Sehat Pasca Melahirkan

Mereka akan menangis sekencang-kencangnya ketika melihat dunia dan seisinya, karena selama ini dia sudah “nyaman” di perut ibunya kemudian mulai mengenal suatu tempat yang sama sekali asing baginya dengan tatapan penuh cinta dari kedua orangtua yang selalu mengharapkannya.

Tapi sesungguhnya sebelum si bayi imut lahir ke dunia, ada perjuangan seorang ibu yang sangat besar, ibu berjuang dengan ikhlas dan tanpa pamrih di ambang antara hidup dan juga mati. Seorang ibu yang melahirkan anaknya ke dunia dengan normal pasti tahu dengan hal ini.

Melahirkan sendiri pada jaman sekarang, tentu saja berbeda dengan di masa lalu. Pada jaman dahulu kala, ibu melahirkan pasti di dukun beranak yang ada di desa karena belum ada rumah sakit ataupun puskesmas.

Sedangkan pada jaman sekarang, persalinan modern dengan menggunakan sistem yang lebih canggih dan tidak seribet jaman dahulu kala. Bahkan ada beberapa cara melahirkan yang menklaim tanpa ada rasa sakit, diantaranya adalah melahirkan di air dan juga operasi caesar.

Operasi caesar sendiri adalah operasi yang dilakukan oleh dokter bedah kandungan yang memang ahli di bidangnya, prosesnya yaitu dengan melalui pembedahan di mana irisan dilakukan di perut ibu (laparatomi) dan juga rahim (histerotomi) biasanya ini dilakukan oleh tim ahli bedah karena sang ibu tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal.

Tetapi setelah melahirkan lewat jalan caesar pun, ibu melahirkan memiliki rasa sakit yang sama dengan ibu yang melahirkan dengan cara normal. Setelah melahirkan pun, para ibu hamil dengan cara normal maupun bedah caesar tidak bebas beraktifitas seperti sebelum hamil dulu.

Para ibu ini biasanya mengalami banyak hal yang membuat mereka kurang nyaman seperti biasanya. Nah, bagaimana caranya agar proses pemulihan setelah persalinan dapat dilakukan dengan cepat dan relatif mudah, ini dia beberapa tips untuk anda.

1. Jangan membawa beban begitu berat

Ketika anda baru saja melahirkan ,pasca bersalin tersebut anda harusnya menghindari membawa beban berat dan tentu saja menghindari pekerjaan-pekerjaan berat yang biasa anda lakukan.

Seperti contohnya anda menghindari yang namanya mencuci baju yang bejibun seperti biasanya sebelum anda melahirkan. Untuk mengakalinya anda dapat me-laundry-kan pakaian anda di binatu. Jauhi pekerjaan berat sebelum anda pulih belum pasca bersalin.

2. Hadapi masa nifas anda dengan tenang

Masa nifas sendiri adalah masa pemulihan pasca bersalin biasanya waktunya 6 bulan pasca bersalin. Tapi biasanya 3 bulan sudah mulai pulih seperti sedia kala sebelum anda melahirkan.

Nah, untuk memulihkan keadaan pasca melahirkan dapat juga anda lakukan dengan memakan makanan yang bergizi, yang juga memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna, seperti adanya karbohidrat yang biasanya ada di nasi, serat yang biasanya terdapat di sayuran dan juga vitamin yang biasanya terdapat di buah-buahan.

Berolahraga ringan yang dapat membuat anda kembali bugar seperti sedia kala, seperti jalan kaki di pagi hari dan juga istirahatlah yang cukup.

3. Jangan berhubungan seks dulu pasca bersalin

Setelah melahirkan tubuh si ibu membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat dan organ vitalnya juga perlu untuk beristirahat sementara. Tunggu dulu sampai 4-6 minggu setelah melahirkan, setelah pulih betul barulah anda dapat melakukan hubungan seksual kembali.

4. Banyak bergerak pasca melahirkan

Walaupun tidak boleh melakukan pekerjaan yang berat-berat pasca bersalin. Tapi anda diharuskan untuk bergerak sebisa mungkin agar tubuh anda senantiasa bugar seperti sedia kala. Lakukan hal ini secara bertahap selama beberapa minggu sampai keadaan anda kembali normal seperti sedia kala.

5. Istirahat yang cukup

Seorang ibu yang habis melahirkan membutuhkan waktu yang cukup. Sediakanlah waktu tidur sebanyak 8 jam sehari, agar tubuh anda kembali fit.

6. Minum air putih

Dan yang terakhir adalah minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, agar anda tidak mengalami yang namanya sembelit atau susah buang air besar pasca melahirkan.

Demikianlah beberap tips dan cara agar ibu kembali sehat pasca melahirkan. Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

cefixime untuk usus buntu, gregesi saat habis melahirkan, pengertian histerotomi, benjolan di ketiak setelah operasi caesar, Hypolemia, pengertian kolaps dalam kesehatan

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]