Wah! Berikut Penyebab Rambut Anda Selalu Rontok

DokterGaul.com – Rambut rontok memang tidak ada yang menyukai, bahkan rambut rontok membuat seseorang tidak percaya diri baik laki-laki maupun perempuan.

Apalagi mereka yang non hijab tentunya rambut adalah salah satu mahkota yang sangat berharga dan peru perawatan yang ekstra agar tidak terjadi kerusakan.

Rambut sendiri merupakan salah satu bagian tubuh yang dihasilkan di bawah jauh lapisan dermis dari folikel rambut yang mana berfungsi untuk melindungi suatu jaringan epidermis tersebut. rambut sendiri tumbuh di seluruh makhluk hidup terutama mamalia.

Rambut pada manusia tumbuh di beberapa tempat seperti bagian alat vital, kepala, ketiak serta bulu kecil pada seluruh tubuh. Hormon yang menjadi pengaruh rambut pada kepala tumbuh lebat atau tidak. Hormon androgen merupakan salah satu hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Selain itu ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan rambut di mana hal tersebut sangat penting untuk anda ketahui, namun ada beberapa hal yang merusak rambut dan menjadi anda tidak percaya diri adalah rambut rontok yang berlebih.

Rambut rontok yang berlebih memberikan banyak sekali arti atau gangguan pada tubuh anda yang wajib anda ketahui, berikut beberapa hal mengenai penyebab rambut rontok pada diri anda.

Pengaruh asupan gizi

Ternyata asupan gizi yang tidak seimbang juga mempengaruhi rambut anda yang menjadi rontok, asupan gizi yang tidak seimbang akan memberikan beberapa kemungkinan yaitu seperti rambut rontok yang berlebih.

Asupan yang kurang biasanya adalah protein, karena pada dasarnya protein dan lemak HDL mempengaruhi hormon androgen. Untuk itu asupan gizi yang baik sangatlah berpengaruh untuk anda .

Pengaruh hormon

Hormon yang tidak stabil juga akan mempengaruhi rambut anda yang rontok, ada beberapa hormon yang sangat berpengaruh kepada anda dimana hormon tersebut sangatlah penting bagi kebutuhan rambut selain androgen adalah DHT (dihidrotestosteron) yang mana sangat mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Hormon DHT sendiri diproduksi oleh pria, apabila seorang pria memiliki hormon DHT yang tinggi maka kemungkinan besar rambut menjadi lebih tipis dan pertumbuhan yang tidak seimbang.

Pengobatan kanker

Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan kanker yang menggunakan banyak sekali obat-obatan dengan dosis yang cukup keras dan ketat dan sangat mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Seseorang dengan kemoterapi akan diwajibkan makan-makanan dengan protein yang tinggi untuk menambah daya tahan tubuhnya dengan baik, untuk itu biasanya kemoterapi pada 3 kali proses terap rambut mulai rontok bahkan habis. Namun setelah kemo rambut akan kembali pulih kembali dengan baik.

Faktor psikologis

Faktor psikologis juga menjadi salah satu hal yang sangat berbahaya tentunya pada rambut anda, di mana faktor pikiran yang terlalu stres juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut dan kebanyakan rambut anda akan menjadi rontok. Maka untuk itu anda wajib mengkontrol diri dari emosi dan stres.

***

Itulah beberapa hal yang berpengaruh terhadap anda dan penyebab rambut rontok. Sebenarnya rontok rambut yang normal pada manusia adalah 60 helai maksimal perhari, dan apabila lebih tentunya menjadi masalah tersendiri. Sikapi dengan menggunakan shampo yang cocok dengan anda dan lakukan pola hidup yang sehat.

Rujukan Lainnya:

arti kata noid, apa arti tptp, di kencingi kelelawar, arti noid, arti coccen, arti kata gregesi, arti kata tptp, arti lemah bulu, arti dari gregesi, arti di kencingin kelelawar

[Diyah Amartiwi - DokterGaul.com]