Cara Sehat Mendaki Gunung Tanpa Sakit

DokterGaul.com – Mendaki gunung merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan, apalagi mendaki gunung bersama teman-teman, tentunya hal tersebut menjadi seru dan menarik. Mendaki gunung menjadi salah satu hobi tersendiri yang teramat menyenangkan.

My trip my adventure adalah salah satu istilah pendaki atau traveller saat ini. Banyak yang mengatakan jika anak muda tidak pernah mendaki maka tidak asyik.

Hal itu menjadi salah satu kesalahan tersendiri bagi anda kaum muda yang memiliki tubuh rentan terhadap sakit tetapi mengikuti trend teman yang lainnya.

Namun anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya adalah mendaki gunung membutuhkan beberapa tips supaya anda tidak mengalami sakit atau hal yang menggangu kesehatan saat naik gunung.

Ada beberapa cara yang harus anda ketahui saat mendaki gunung supaya tubuh anda tetap fit dan tentunya tidak mengalami kelelahan yang ekstrim saat mendaki.

Beberapa hal yang harus anda ketahui saat mendaki gunung yaitu mulai dari persiapan fisik, mental, serta barang peralatan yang harus dibawa harus benar-benar disiapkan dengan matang.

Olahraga teratur sebelum mendaki gunung.

Sebelum anda memulai mendaki gunung maka lakukan olahraga dengan teratur untuk melatih fisik anda saat mendaki gunung, olahraga ini seperti berenang, berlari, senam serta naik sepeda yang mana hal ini membantu menambah ketahanan fisik anda.

Hal yang dapat menjadikan diri anda menjadi lebih sehat apabila anda berolahraga sesuai dengan kebutuhan dan teratur, lakukan setiap hari mulai dari 30-60 menit dan sebaiknya melakukan pada pagi hari.

Mengatur pola makan sehat

Sebelum mendaki pola makan secara teratur dan sesuai kebutuhan gizi dan kalori anda memang merupakan salah satu hal yang sangat baik.

Tanpa olahraga yang baik tentunya tubuh anda akan mengalami yang namanya kekurangan nutrisi atau gizi atau juga beberapa penyakit dan sistem kekebalan akan menurun.

Sehingga saat naik gunung atau mendaki dimulai anda malah mengalami beberapa gejala sakit seperti maag, tipus, atau penyakit ringan lainnya.

Persiapan perlengkapan mendaki

Melakukan persiapan perlengkapan mendaki merupakan salah satu hal yang sangat baik anda lakukan, dengan mempersiapkan perlengkapan mendaki tentunya hal tersebut memberikan kelebihan tersendiri untuk anda di mana minimal h-3 sebelum mendaki seluruh peralatan telah disiapkan.

Mulai dari peralatan makan, dapur sederhana, pakaian ganti serta tak lupa jas hujan dan beberapa senjata tambahan atau alat pelindung diri ketika terjadi sesuatu saat mendaki.

Usahakan peralatan disimpan atau ditata dengan rapi di dalam tas ransel sesuai dengan ukuran untuk tubuh anda. jangan terlalu besar atau terlalu kecil dan sesuai kebutuhan dengan hari anda untuk melakukan pendakian.

***

Itulah beberapa cara persiapan mendaki gunung tanpa sakit atau agar tidak sakit dan tentunya wajib anda persiapkan dengan baik dan terstruktur supaya tidak ada sesuatu yang tertinggal.

Apabila anda pendaki pemula, mulailah mendaki ke gunung yang tidak terlalu tinggi atau ekstrim dan step by step ke langkah selanjutnya untuk meminimalisir resiko trauma.

Rujukan Lainnya:

5 kategori ketahanan fisik manusia, sebutkan 5 kategori ketahanan fisik manusia, 5 kategori ketahaan fisik manusia, lima kategori ketahanan fisij manusia, Lima kategori ketahanan fisik, sebutkan 5 ketahanan

[Diyah Amartiwi - DokterGaul.com]