Dengan Cara Ini Rambut Akan Selalu Sehat

DOKTERGAUL.COM – Memiliki rambut yang sehat tentu menjadi impian semua orang. Namun tidak semu orang melakukan perawatan rambut rengan rutin hingga menyebabkan beberapa masalah rambut seperti rambut kering dan bercabang. Masalah pada rambut tentu akan mengganggu penampilan serta percaya diri Anda. Padahal beberapa masalah rambut dapat dicegah sebelum kemunculannya dengan cara melalukan perawatan yang tepat dan teratur. Apabila Anda benar-benar menginginkan rambut Anda selalu sehat, maka lakukanlah beberapa hal ini secara rutin.

Rawatlah kulit kepala

Rambut yang sehat bermula dari kulit kepala yang sehat terawat. Karena akar rambut Anda tertanam di bawah kulit kepala. Folikel rambut dipengaruhi oleh pasokan darah pada kulit sehingga bila pasokan darah lancar dan sehat maka rambut Andapun akan sehat. Gunakanlah shampoo atau perawatan rambut yang mengandung fatty alcohol atau terdapat tulisan myristyl stearyl, dan cetyl.

Lakukanlah keramas 2 hari sekali dan pijat kulit kepala Anda kurang lebih 30 detik setiap keramas. Pijatan pada kulit kepala dapat merangsang folikel rambut memproduksi rambut lebih tebal serta berkilau. Jangan terlalu sering melakukan keramas, karena justru dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

Oleskan pula minyak zaitun pada kulit kepala Anda untuk menambah asupan vitamin. Selain itu, sebisa mungkin lindungi rambut dari sengatan matahari langsung. Karena sinae ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Pilih produk perawatan yang tepat

Setiap rambut memiliki jenisnya masing-masing. Pilihlah produk perawatan sesuai dengan jenis rambut serta masalah rambut yang dialami. Beda permasalahan dan jenis rambut beda pula produk perawatannya. Sebisa mungkin hindari perawatan rambut yang mengandung sodium lauryl sulfate atau ammonium lauryl sulfate karena bahan ini keras.

Lebih disarankan Anda menggunakan air hangat saat keramas karena air hangat dapat menghilangkan minyak pada kepala sedangkan air dingin dapat membuat rambut kusam. Gunakan kondisioner dari batang hingga ujung rambut agar rambut semakin lembut. Jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala.

Ketika yang basah akan menjadi lebih rentan terhadap kerusahan. Disarankan Anda bisa memulai menata rambut saat sudah 90% kering. Lebih baik tunggu rambut kering dengan sendirinya, daripada menggunakan hairdryer.

Makanan bergizi dan vitamin rambut

Sebagai asupan nutrisi tambahan, gunakan juga vitamin rambut. Selain perawatan luar, perawatan dari dalampun dibutuhkan. Makan makanan yang baik untuk rambut seperti telur, salmon, kacang-kacangan atau makanan lain yang mengandung protein, zat besi dan omega 3. Selain untuk rambut, ketiga kandungan nutrisi tersebut juga baik untuk kesehatan seluruh tubuh Anda.

Lakukan perawatan di atas secara rutin agar kesehatan rambut tetap terjaga. Jangan terlalu banyak menggunakan aksesoris rambut dan jangan terlalu lama mengikat rambut Anda. Ketika tidur, lebih disarankan untuk membiarkan rambut Anda tergerai.

[RKA – DokterGaul.com]

Rujukan Lainnya:

Vitamin rambut lavea, lavea vitamin rambut, mimpi kepala dipaku, kiranti pelurus rambut, mimpil kepala berulat, obat pelurus rambut yang dijual diapotik, meluruskan rambut dengan rinso, arti mimpi rambut di catok, sengkring di kepala, arti mimpi rambut dicatok

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]