Gatal Alergi? Ini Obat Alaminya

DOKTERGAUL.COM – Alergi dapat dialami oleh siapa saja mulai dari yang berusia muda sampai dengan tua. Gatal karena alergi sudah dianggap umum oleh masyarakat karena cara mengatasinya dianggap mudah. Walaupun mudah diatasi, tentu rasa gatal akibat alergi sangat menganggu. Munculnya bercak merah disertai rasa gatal ini adalah tanda bahwa tubuh sedang mengirimkan sinyal bahwa ada zat asing menempel pada kulit. Namun, apabila alergi sudah disertai gejala lain seperti hidung pilek, sakit kepala, hingga pingsan maka segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih intensif.

Di alam, terdapat bahan alami yang dapat mengatasi gatal akibat alergi. Jika Anda mengalaminya simak penjelasan berikut ini.

1. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki aroma yang kuat serta biasa dikenal sebagai lalapan saat Anda makan. Namun tahukah Anda bahwa daun ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk gatal. Hal ini disebabkan daun kemangi mengandung beberapa minyak esensial salah satunya eugenol yang dapat meredakan rasa gatal.

Caranya :

1. Rebuslah daun kemangi dalam air mendidih. Selama merebus pastikan panci dalam keadaan tertutup guna mencegah kandungan eugenol menguap ke udara.

2. Tunggu sampai beberapa menit hingga daun layu.

3. Setelah itu matikan api dan diamkan hingga air di dalam panci menjadi dingin.

4. Ambil kain lalu celupkan ke air rebusan kemangi yang sudah dingin. Olesi air tersebut ke daerah yang gatal. Lakukan beberapa kali sampai gatal Anda menghilang.

2. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal dengan khasiatnya untuk kecantikan atau mengobati luka bakar. Tumbuhan satu ini memiliki gel yang punya banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk menghilangkan rasa gatal. Lidah buaya mengandung vitamin E, flavonoid, dan minyak alami yang dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit.

Caranya cukup mudah:

1. Ambilah lidah buaya kemudian kupas hingga hanya tersisa gelnya.

2. Cuci gel lidah buaya sampai getahnya hilang

3. Haluskan gel tersebut kemudian oleskan pada bagian yang gatal

3. Lemon

Lemon sangat terkenal dengan khasiatnya untuk menghilangkan bakteri. Air lemon mengandung asam asetat dan asam sitrat yang berfungsi untuk membunuh kuman serta pencegah iritasi. Oleh karena itu lemon juga dapat Anda gunakan sebagai obat alami pereda gatal pada kulit.

Caranya :

1. Ambil lemon kemudian potong dan peras sampai keluar airnya.

2. Masukkan kapas ke dalam air perasan lemon

3. Basuhkan pada bagian kulit yang gatal.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat meredakan rasa gatal akibat alergi. Untuk menegah gatal alergi datang kembali, Anda harus mengetahui apa pemicu munculnya alergi tersebut. Usahakan untuk menghindari pemicu yang menyebabkan alergi Anda muncul. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan diri ke dokter.

Rujukan Lainnya:

lesi hiperechoic, apakah pil double L bisa mengakibatkan gatal, bulu pada rebung tts, karena apa clirotis bisa gatal gatal, kalcinol obat plentingan, gentrison, gatal karena klaper, Obat tridexzon, setelah makan durian tenggorokan gatal, lesi hiperec

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]