Inilah 6 Cara Murah, Mudah dan Sehat Merawat Wajah

DOKTERGAUL.COM – Cara merawat wajah itu memang susah-susah gampang? Karena tidak semua orang dianugerahi wajah yang mulus bersih.

Terkadang mereka yang tidak dianugerahi wajah putih mulus tersebut harus melakukan berbagai cara yang tentu saja tidak mudah untuk mendapatkan wajah yang bersih seperti yang selama ini mereka inginkan.

Inilah Cara Murah, Mudah dan Sehat Merawat Wajah

Melakukan rutinitas-rutinitas yang ribet setiap harinya agar kulit wajah senantiasa bersih dan terhindar dari yang namanya jerawat.

Bahkan rutinitas pagi hari tersebut sampai menghabiskan waktu berjam-jam lamanya, mulai dari astringent untuk menyegarkan kulit, mosterizer untuk melembabkan kulit dan beberapa macam rutinitas lainnya dan jangan lupa semua itu belum termasuk make up.

Mulai dari eye shadow, blush on, lipstic dan juga liptint. Sehingga karena rutinitas-rutinitas tersebut akhirnya wajah jadi tidak dapat bernapas dengan bebas, menjadi tertutup dengan make up yang telah digunakan pada pagi hari.

Dan hal itu dilanjutkan ketika malam hari tiba, ketika tiba saatnya untuk memakai krim malam yang memperparah wajah yang dari tadi sudah menerima make up yang bejibun banyaknya.

Kadang orang bingung ketika bangun pagi dan mendapati titik kecil di wajahnya esok hari, yaitu jerawat, tentu saja itu adalah jerawat yang muncul akibat tidak membersihkan wajah dengan benar.

Lalu mereka mulai mencari cara untuk melenyapkannya dan membuatnya halus serta sehat seperti sedia kala sebelum mengenal make up dan teman-temannya.

Inilah Cara Murah, Mudah dan Sehat Merawat Wajah

Mulai dari mencari produk-produk yang berharga minim dan sesuai dengan kantongnya hingga yang mahal sekali sampai menyentuh angka jutaan. Tetapi tak sedikit pula yang memilih bahan-bahan yang ada di rumah untuk tetap menjaga wajahnya tetap sehat dan bersih.

Jika anda ingin tahu, saya akan memberitahukannya kepada anda, inilah rahasianya.

1. Mentimun

Mentimun dapat digunakan untuk menyegarkan wajah. Caranya mudah dan simple sekali yaitu anda tinggal memotong mentimun tersebut menjadi bagian yang kecil, kemudian anda gosokkan di wajah anda yang sudah anda bersihkan dengan air sebelumnya.

Setelah selesai anda menggosok wajah dengan mentimun lalu bersihkan wajah kembali dengan air bersih dan tentu saja anda harus mengeringkannya dengan handuk.

2. Tomat

Tomat memiliki fungsi dan kegunaan untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah yang sering sekali muncul karena faktor usia dan juga untuk menghaluskan kulit. Cara mengaplikasiannya yaitu blender tomat yang telah anda siapkan kemudian anda balurkan di wajah anda secara merata semuanya.

Bisa dibilang ini mirip dengan penggunaan masker yang biasa anda gunakan. Diamkan selama 15 menit sampai kering kemudian anda bilas dengan bersih dengan air yang bersih. Dan basuh dengan handuk yang bersih.

3. Alpukat

Buah alpukat berguna untuk mengecangkan, membersihkan, serta merawat kesehatan kulit wajah. Caranya potong alpukat kecil-kecil sekali kemudian anda blender secara halus seperti yang tadi anda lakukan dengan tomat.

Setelah itu, balurkan dan ratakan dengan lembut di wajah dan diamkan selama 20 menitan, tunggu sampai kering kemudian anda bilas dengan air bersih dan keringkan segera dengan handuk yang bersih.

4. Pisang

Pisang sering kita lihat sebagai makanan untuk monyet, buah berwarna kuning cerah ini juga digemari oleh semua orang. Karena rasanya yang sangat manis dan dapat digunakan untuk berbagai macam makanan ataupun kuliner seperti kue dan juga roti.

Lalu apa ada kegunaan yang lainnya? Tentu saja ada, pisang dapat digunakan untuk wajah, untuk menghaluskan wajah.

Caranya mudah sekali yaitu dengan cara lumatkan setengah buah pisang yang sebelumnya telah anda kupas kulitnya lalu gunakanlah sebagai masker wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilaslah dengan air bersih, untuk menyegarkan wajah gunakanlah air dingin ataupun air es.

5. Bengkoang

Dan yang terakhir adalah buah bengkoang, buah putih bersih ini terkenal karena kegunaannya untuk bahan kosmetik yang sudah melegenda, dikatakan bahwa buah ini dapat memutihkan kulit secara alami.

Ya, buah bengkoang ini memang dapat memutihkan kulit sekaligus menghilangkan noda di wajah yang seringkali muncul tanpa permisi dan tanpa diundang.

Caranya yaitu dengan memarut buah bengkoang tersebut, kemudian peras sari bengkoang tersebut. Simpan sari tersebut semalaman, dan besoaknya akan mengendap sari-sari bengkoang. Buang airnya lalu jemur sari bengkoang tersebut sampai kering. Setelah kering, gunakan sari bengkoang itu untuk masker wajah.

****

Nah, demikianlah informasi tentang bahan-bahan alami yang dapat membuat kulit wajah anda senantiasa mulus dan sehat. Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mempraktekkannya di rumah!

Rujukan Lainnya:

khasiat obat omezyrteks, pengertian tereskop, kegunaan salep gentalex, mimpi wajah berkeringat, prodermis untuk jerawat, kegunaan omezyrteks, kegunaan trisela, cara pucatkan wajah, obat gentalex, trifacy

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]