Ini Bahayanya Terlalu Banyak Tidur

DOKTERGAUL.COM – Tidur memang kebutuhan wajib bagi setip individu yang harus dipenuhi. Aktivitas yang padat serta rutinitas yang Anda lakukan tentu membuat lelah sehingga tidur dibutuhkan agar tubuh beristirahat. Biasanya, mayoritas masyarakat memiliki untuk tidur penuh pada sabtu minggu yang dianggap sebagai 

‘balas dendam’ karena berkerja full time dari Senin-Jum’at.

Tapi fikiran seperti ini adalah fikiran yang salah. Tidur dan istirahat memang penting, namun jika dilakukan dengan berlebihan akan berdampak justru buruk bagi tubuh. Istirahat secukupnya saja pada hari libur, isilah waktu dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti olahraga, berkebun atau membaca buku yang belum sempat dibaca karena sibuk bekerja.

Jika Anda tidur terlalu lama, beberapa masalah di bawah ini dapat muncul menghampiri Anda.

1. Menurunnya konsentrasi

Pola tidur yang tidak seimbang ini berpengaruh pada kesehatan mental sehingga dapat menurunkan konsentrasi Anda. Karena ketika Anda terbangun dar tidur yang lama, otak Anda yang sudah lama nonaktif tibatiba dipaksa untuk aktif kembali. Minum banyak air mineral dapat membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi.

2. Resiko terkena sakit nyeri punggung

Munculnya sakit punggung dapat disebabkan oleh si individu yang malas berolahraga atau bergerak. Dulu istirahat dianggap dapat meredakan nyeri punggung, namun ternyata terlalu banyak istirahatpun tidak baik dan dapat menyebabkan nyeri punggung. Untuk mengatasinya Anda bisa berolaraga ringan secara rutin.

3. Menimbulkan rasa pusing dan sakit kepala

Kepala pusing dan sakit tentu sangat mengganggu Anda dalam menjalani aktifitas. Selain alkohol dan kafein ternyata tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan kepala Anda terasa pusing dan sakit. Ini disebabkan ketika Anda tidur kandungan neurotransmitter pasa otak Anda tidak akan bekerja maksimal.

4. Mudah depresi

Dampak buruk yang dapat timbul setelah tidur terlalu lama bukan hanya pada fisik semta. Mental dan psikologi Andapun akan ikut terusik. Mereka yang mengalami depresi cenderung akan berkunjung ke sini dan berharap masalah dapat teratasi setelah tidur. Untuk meringankan depresi, Anda dapat pergi berlibur sambil menghirup udara segar.

5. Memiliki resiko terkena diabetes

Pola tidur Anda yang tidak teratur dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam tubuh. Tidurlah tepat waktu yaitu sekitar 8 jam sehari. Namun, usahakan tidur yang Anda lakukan adalah tidur berkualitas. Tidur terlalu lama terutama di siang hari sangat tidak dianjurkan hal ini dikarenakan jika Anda tidur lama di siang hari, maka ketika malam Anda merasa tidak mengantuk yang akhirnya menyebabkan Anda begadang. Kurang tidur dapat menyebabkan meningkatnya nafsu makan sehingga gula darah salam tubuh meningkat. Selain diabetes, penyakit lain juga dapat muncul jika pola tidur Anda tidak teratur dan berat sebelah.

[RKA – DokterGaul.com]

Rujukan Lainnya:

xnnx jpang

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]