Ternyata Ini Cuma Mitos Tentang Mata

 

DOKTERGAUL.COM – Dengan mata, kita dapat melihat indahnya warna warni dunia. Oleh karenanya kesehatan mata harus selalu terjaga. Menjaga mata sama saja kita bersyukur atas nikmat melihat yang diberikan oleh Sang Pencipta. Sayangnya, kita seringkali mendapat beberapa informasi yang kurang tepat mengenai mata. Berikut adalah beberapa mitos tentang mata yang sering kita dengar

1. Pergi ke dokter mata hanya jika ada masalah mata.

Hal seperti ini jelas salah, justru setiap orang seharusnya memeriksakan kesehatan mata secara rutin. Pemeriksaan rutin dapat mencegah masalah yang mungkin pada mata. Dengan pemeriksaan rutin, kita bisa dengan cepat menangani suatu gejala yang timbul pada mata agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius.

2. Pemanis buatan otomatis membuat mata Anda sensitif pada cahaya

Faktanya, mengkonsumsi makanan dengan pemanis buatan bukanlah faktor utama mata Anda sensitif terhadap cahaya. Ada faktor lain seperti pil KB, obat hipertensi, obat obesitas dan antibiotik.

3. Lihat pemandangan hijau menyehatkan mata

Ini juga pernyataan yang salah, dengan melihat pemandangan hijau mata Anda akan menjadi lebih rileks bukan cara untuk mengatasi masalah pada mata seperti mata minus atau plus. Maka saat mata Anda sedang lelah akibat terlalu fokus melihat pada sesuatu, lakukanlah relaksasi mata dengan melihat pemandangan hijau atau melihat sebuah benda yang letaknya jauh.

4. Mata minus tidak dapat diobati.

Pernyataan ini jelas salah, karena pada kenyataannya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serta memgobati masalah mata minus. Jadi bagi Anda yang memiliki mata minus, jangan khawatir dan putus asa.

5. Menggunakan kacamata atau softlense dapat menambah minus mata

Ini merupakan hal keliru karena mata Anda tidak akan bertambah minusnya hanya karena menggubakan lensa kotak atau kacamata. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan kacamata dan softlense. Namun, jangan lupa untuk melepaz softlense yang Anda gunakan ketika hendak tidur. Menggunakan softlense saat tidur dapat menyebabkan beberapa masalah mata.

6. Membaca di tempat gelap merusak mata

Jika Anda membaca di tempat gelap, mata tidak merusak mata melainkan membuat mata menjadi lelah. Ketika Anda membaca di tempat gelap maka mata harus bekerja maksimal untuk dapat melihat dengan jelas sehingga lebih cepat lelah.

7. Wortel wajib dikonsumsi jika ingin mata sehat

Pendapat ini dinilai kurang tepat. Vitamin A memang memiliki peranan besar dalam menjaga kesehatan mata. Walaupun wortel memang mengandung vitamin A yang tinggi, bukan berarti wortel adalah satu-satunya makanan dengan kandungan vitamin A. Mata sehat dapat juga Anda peroleh dengan cara menjaga pola makan dan istirahat. Jika Anda tidak menyukai wortel, Amda dapat menggantinya dengan makanan lain yang juga mengandung vitamin A tinggi.

[RKA – DokterGaul.com]

Rujukan Lainnya:

mitos lidah belah, arti kecoa kawin, arti melihat kecoa, softlens tertelan, mitos dikencingi kucing, mimpi melihat orang menggugurkan kandungan, kirarawit menurut islam, arti mimpi melihat cumi2, mitos orang yang di kencingi kucing, arti mimpi melihat kemaluan suami

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]