Junk Food Setiap Hari, Sehatkah?

DOKTERGAUL.COM – Pada jaman sekarang, semua orang ingin serba praktis dan cepat. Mulai dari hal-hal yang sepele sampai yang besar mereka ingin cepat dan juga tidak menghabiskan banyak waktu untuk satu kegiatan.

Junk Food

Misalnya pada jaman dahulu orang harus pergi ke pasar ataupun swalayan atau toko untuk membeli barang, maka sekarang hal itu dapat dilakukan hanya dengan duduk di rumah.

Hanya dengan menyalakan handphone dan laptop ataupun gadget yang ada dan kemudian memesan barang lewat jasa toko online, selain lebih praktis juga menghemat banyak waktu yang biasanya digunakan untuk berjalan ataupun bepergian sebelum sampai ke tempat tujuan.

Hal tersebut juga berlaku untuk kebutuhan pangan, semua manusia pasti membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan hidup di dunia.

Pada jaman dahulu kala orang harus bersusah payah untuk mendapatkan serta mengolah makanan yang akan mereka konsumsi nantinya. Mereka harus memasak menggunakan kayu bakar, dan kayu bakar tersebut harus mereka cari sendiri di hutan dengan berjalan kaki menempuh jarak yang jauh.

Setelah mendapatkan kayu bakar tersebut mereka harus membakarnya di tungku api dan tentu saja prosesnya tidak mudah karena harus meniup secara keras dan juga berulang-ulang agar api tetap menyala dan tentu saja tidak semua orang dapat melakukannya dan asap dari pembakaran tersebut akan membuat sesak.

Tapi hal tersebut berbanding terbalik dengan sekarang karena sekarang orang tidak harus susah payah memasak dengan kayu bakar tinggal “klik” di kompor gas dan langsung menyala, memasukkan bahan masakan dan langsung jadi makanan.

Tapi terkadang orang dari abad milenium yang super sibuk tidak ada waktu untuk memasak sendiri di rumah, mereka akhirnya memilih untuk membeli makanan fast food di luaran yang bejibun jumlahnya. Makanan fast food yang dijual biasanya juga merupakan “junk food“.

Junk food sendiri merupakan istilah untuk kalori yang banyak tapi nutrisinya rendah alias minim sekali. Padahal sebenarnya makanan junk food memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan dan terkadang juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya, apa saja? mari kita lihat bersama-sama.

1. Obesitas

Junk food memiliki andil yang besar dalam bertambahnya lemak di tubuh sehingga menimbulkan efek kegemukan atau biasa disebut obesitas.

Orang yang mengkonsumsi fast food dalam jumlah besar dan juga rutin mengakibatkan si konsumen akhirnya mengkonsumsi lemak dalam jumlah yang besar, karbohidrat dan juga gula dalam presentase yang sama dengan lemak dengan sedikit fiber merupakan kombinasi yang sempurna untuk menjadikan tubuh si konsumen fast food menjadi obesitas.

Junk food ataupun fast food menghasilkan kalori berlebih sebanyak 187 per harinya. Obesitas juga dapat menimbulkan ataupun meningkatkan resiko penyakit cardiovaskular, diabetes dan juga banyak lagi penyakit kronis lainnya.

2. Diabetes

Kadar insulin akan meningkat ketika kamu makan dan kemudian dirubah menjadi gula, seperti contohnya ketika kamu meminum minuman soft drink, tepung terigu dan makanan-makanan yang lainnya yang tidak terdapat fiber dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Memakan junk food setiap hari dapat mengakibatkan peningkatan hormon insulin, yang juga berakibat pada sel-sel pada tubuh yang akhirnya akan menolak hormon-hormon yang sebenarnya penting. Jadi hubungan antara obesitas dan Juga diabetes sangat berpengaruh.

3. Depresi

Makanan junk food dapat memicu stress dan depresi berkepanjangan pada konsumennya. Apalagi bagi seorang remaja yang sedang mengalami pubertas.

Ketika seorang remaja ataupun abg mengkonsumsi junk food, lemak dari junk food tersebut akan terproses lagi dan akan menjadikan tingkat depresi meningkat drastis sampai 58% resikonya.

4. Kekurangan Nutrisi

Proses junk food yang akan menghapus sebagian besar vitamin, mineral dan juga fiber membuat jenis makanan ini adalah sumber dari makanan yang sama sekali tak bergizi.

Hal ini nampak sekali pada anak-anak, anak-anak yang sering mengkonsumsi junk food memiliki semangat belajar yang kurang dan kesulitan tidur.

***

Demikianlah informasi tentang junk food ataupun fast food, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi junk food sering-sering agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit dan juga obesitas.

Rujukan Lainnya:

soal pilihan ganda obesitas

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]