Lakukan Hal Ini Agar Tidur Anda Lebih Berkualitas

DOKTERGAUL.COM – Tidur memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat me-refresh pikiran dan energi setelah aktivitas satu hari penuh, dan juga menjaga kesehatan tubuh anda. Oleh karena itu, memiliki kualitas tidur yang baik merupakan salah satu hal penting agar manfaat tidur dapat anda rasakan dengan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan sebelum tidur yang dapat anda lakukan sekitar 30 menit sebelum anda tidur untuk meningkatkan kualitas tidur anda.

Mandi air hangat

Tak peduli berapapun usia anda, cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat dapat membantu mengurangi stress dan membuat anda merasa lebih segar. Tapi sebaiknya, anda tidak melakukan keramas saat mandi malam. Karena rambut butuh waktu agak lama untuk bisa kering dengan sempurna.

Buat diri anda nyaman 

Setelah mandi dengan air hangat, buatlah diri anda nyaman sebelum tidur. Gunakan baju yang nyaman bagi anda. Selain itu, anda juga bisa membuat diri anda nyaman dengan mengoleskan lotion di tubuh anda. Wangi lotion akan membantu anda relaks lebih cepat dan menenangkan pikiran anda. Dan jangan lupa untuk menyisir rambut anda.

Oleskan minyak aromatik

Minyak aromatik dengan wangi-wangi lembut dapat membantu tubuh anda merasa relaks seperti saat anda mandi dengan air hangat. Anda dapat menggunakan minyak almond, lavender, atau bahkan baby oil sekitar setengah jam sebelum tidur. Jika anda suka, anda dapat mengoleskan baby oil di rambut anda, namun jangan lupa berkeramas keesokan paginya.

Meditasi

Meditasi merupakan cara terbaik untuk merelaksasi tubuh dan pikiran anda. Anda dapat melakukan meditasi sekitar 30 menit sebelum tidur. Jika anda tidak tahu cara meditasi, anda bisa mencari tahu di internet dan mengikuti instruksinya, atau anda bisa memejamkan mata dan bernafas dengan ritem yang lambat dan dalam. Meditasi dapat membantu anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Rapikan kasur anda

Kasur yang rapi dengan bantal yang lembut dan segar, serta selimut dan seprai yang berada sesuai tempatnya akan membuat anda tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Dengarkan musik

Selain itu, anda juga dapat mendengarkan musik 3 menit sebelum anda tidur. Pilih musik yang tenang, lembut, dengan tempo yang lambat. Musik yang lembut dikombinasikan dengan penerangan yang lembut dapat membuat anda tertidur dengan cepat.

Rujukan Lainnya:

lotion calamine untuk bisul

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]