Cari Tahu Nutrisi yang Anda Perlu dari Wajah Anda

DOKTERGAUL.COM – Buku adalah jendela dunia. Mata adalah jendela hati. Dan wajah anda, adalah jendela tubuh anda. Wajah dapat menceritakan banyak hal, bukan hanya tentang perasaan yang berkecamuk dalam diri anda saja, ternyata wajah juga dapat menceritakan tentang nutrisi yang anda butuhkan. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dapat anda ketahui dengan melihat dan membaca kondisi wajah anda.

Bibir yang pucat

Bibir yang pucat menandakan bahwa anda mengalami kekurangan zat besi. Jika anda memiliki bibir yang pucat, cobalah memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah, bayam, kacang-kacangan, dan ikan. Meskipun anda juga bisa mendapatkan zat besi dari suplemen yang dijual di pasaran, namun sebaiknya anda memprioritaskan konsumsi zat besi dari sumber alami.

Tepi bibir yang kering

Jika anda memiliki tepi bibir yang kering dan cenderung pecah-pecah, kemungkinan anda mengalami kekurangan zinc, zat besi, dan Vitamin B. Meskipun hal tersebut juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan protein anda. Oleh karena itu, anda bisa meningkatkan konsumsi kerang, telur, atau daging unggas seperti bebek. Selain itu, ada juga perlu memperhatikan konsumsi Vitamin C anda. Vitamin C membantu penyerapan zinc dan zat besi oleh tubuh anda. Anda bisa mendapatkan manfaat Vitamin C dengan mengkonsumsi sayur seperti brokoli atau kembang kol, serta dengan mengkonsumsi buah-buahan kaya Vitamin C seperti jeruk dan beri.

Kulit bersisik dan kemerahan

Kondisi kulit yang bersisik dan kemerahan menunjukkan bahwa anda mengalami kekurangan Vitamin B7 atau Biotin. Biotin berperan dalam metabolisme karbohidrat, asam amino, dan lemak, serta berfungsi untuk menguatkan rambut dan kuku anda. Sumber biotin yang baik adalah dari kuning telur.

Benjolan merah dan putih seperti jerawat di pipi

Apabila anda memiliki benjolan berwarna merah atau putih yang tampak seperti jerawat di pipi anda, bisa jadi anda tengah mengalami kekurangan asam lemak seperti omega 3, vitamin A, atau vitamin D.

Anda bisa mendapatkan omega 3 melalui konsumsi ikan sarden, teri, atau ikan salmon. Di samping itu, anda bisa mendapatkan kandungan Vitamin A dengan mengkonsumsi sayur-sayuran berbentuk daun, kentang, wortel, atau paprika. Sedangkan Vitamin D bisa anda dapatkan dari sinar matahari serta dari makanan seperti susu, yogurt, margarin, daging, ataupun hati sapi.

Mata bengkak

Mata bengkak atau “puffy eyes” mengindikasikan kurangnya iodin dalam tubuh anda. Biasanya juga disertai dengan kulit kering dan hilangnya berat badan. Iodin digunakan untuk memproduksi hormon tiroid. Cara paling mudah mendapatkan iodin adalah melalui garam dapur. Sumber lainnya adalah sayuran laut seperti rumput laut.

Rujukan Lainnya:

bahasa inggris bibir pecah pecah, pecah terjemur, bibir berselaput, gomblokan, obat gomblokan, mimpi pipi bengkak, klasifikasi ikan kacangan, efek berhenti minum biotin, clistoris bengkak dan bernanah, jelaskan perbedaan pertumbuhan yang terjadi pada burung dan ikan

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]