Khasiat Daun Tapakdara Untuk Penyakit Kencing Manis

OKTERGAUL.COM – Salah satu penyakit yang cukup mematikan adalah penyakit kencing manis. Kencing manis sendiri biasanya banyak diderita oleh mereka yang telah berusia lanjut. Namun bukan berarti Anda yang masih muda bisa terbebas dari resiko penyakit kencing manis ini.

Penyakit Kencing Manis

Pola hidup yang kurang sehat dan kurang berimbang bisa saja menyebabkan seseorang terkena penyakit kencing manis di usia yang masih relatif lebih muda. Jadi ada baiknya jika Anda berhati hati.

Penyakit kencing manis adalah penyakit yang memiliki ciri yaitu tingginya kandungan glukosa dalam darah atau biasa disebut hiperglisemia. Penyakit kencing manis biasanya dikenal dengan istilah diabetes mellitus.

Penyebab Penyakit Kencing Manis

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit kencing manis, seperti faktor keturunan, kurang tidur, kebanyakan mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat, kurang berolahraga dan masih suka merokok.

Penyakit kencing manis digolongkan menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah diabetes yang menyerang anak-anak dan remaja. Diabetes ini terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin sehingga penderitanya harus disuntik insulin setiap hari agar kadar gula darahnya bisa terkendali.

Penyakit Kencing Manis

Diabetes yang satu ini perkembangannya berlangsung cepat. Adapun diabetes jenis kedua adalah pankreas yang memproduksi insulin dimana sel-sel pada tubuh tidak dapat merespon dengan normal. Penyakit ini biasanya menjangkiti orang yang mengalami masalah kegemukan, atau yang telah memiliki usia di atas 40 tahun.

Kadar gula darah yang tingga lama-lama akan mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan saraf sehingga tubuh akan mengalami berbagai macam gangguan. Misalnya gangguan pada mata, ginjal dan saraf. Bahkan, penderita beresiko terkena serangan jantung, stroke dan impotensi.

Penderita diabetes harus mengontrol gula darahnya. Control gula darah dapat dilakukan dengan merubah pola makan dan gaya hidup. Perubahan tersebut dirasa efektif untuk menurunkan resiko diabetes.

Gejala Penyakit Kencing Manis

Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit diabetes hingga menjadi kronis. Seseorang yang dipastikan mengalami diabetes adalah yang kadar gula darahnya di atas 126 mg/dl (puasa) dan 200  mg/dl untuk yang tidak berpuasa. Sayangnya, gejala-gejala diabetes baru akan nampak jika gula darah sudah di atas 270 mg/dl.

Penyakit Kencing Manis

Beberapa gejala diabetes adalah dehidrasi, rasa haus terus menerus, frekuensi kencing yang meningkat, cepat lelah, berat badan yang menurun dan penglihatan yang terganggu. Untuk mengetahui terkena diabetes atau tidak, jangan menunggu datangnya gejala-gejala tersebut. Cukup lakukan tes darah dan urin agar lebih akurat.

Cara Mengobati Penyakit Kencing Manis Secara Alami

Untuk mengobati penyakit kencing manis, Anda bisa menggunakan cara yang sifatnya tradisional. Misalnya dengan menggunakan daun tapakdara.

Cara membuat ramuan tersebut adalah dengan merebus 16 lembar daun tapakdara dengan menggunakan tiga gelas air hingga mendidih.

Khasiat dan Manfaat Daun Tapak Dara Untuk Penyakit Kencing Manis

Setelah mendidih, tunggu sampai airnya tersisa sampai 1 gelas saja. Setelah tersisa 1 gelas, air dibiarkan hingga dingin dan bisa diminum. Agar pengobatan berjalan maksimal, ramuan dikonsumsi setiap hari secara rutin sampai penyakit kencing manis tersebut hilang.

Pengobatan ini tidak bisa berjalan sendiri. Dengan kata lain, Anda harus sering memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksa gula darah Anda.

Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

arti mata di kencingin kodok, pathway kencing darah, Penyakit Tick Borne di anjing, bahayanya kencing kodok, bolehkah berhubungan intim saat keracunan jengkol, kencing kluar benang merah, kodok cakung kencingin mata

[DokterGaul.com - DokterGaul.com]