Yuk Intip Cara Mengelola Uang Anak Muda

DokterGaul.com- Mengelola uang merupakan salah satu hal yang memang saat ini wajib dilakukan oleh setiap orang, tanpa pengelolaan uang dengan baik tentunya seseorang akan sulit untuk melakukan beberapa hal yang sudah terencanakan dengan target. Pengelolaan uang merupakan salah satu hal yang tentunya sesuai dengan apa yang anda atur dan anda inginkan kelak. Tanpa uang tentunya manusia tidak akan dapat hidup dengan kegiatan dan pencapaian nyata yang mereka inginkan, uang bukanlah segalanya tetapi segalanya menggunakan uang.

 

Apabila anda merupakan anak muda usia 16-25 tahun seharusnya anda sudah wajib berinvestasi atau menabung dengan baik, karena apa?, saat ini umur 25 adalah umur dewasa tengah dan merupakan umur konsistensi sebuah watak seseorang. Pada usai 25 tahun adalah usia manusia sudah memiliki watak yang benar-benar utuh dengan karakter positif dan negatif tersebut.

 

Untuk itu tentunya tanpa sebuah planning termasuk mengenai keuangan, anda akan kelihatan gagal dalam sebuah target apalagi pada usia keemasan anda. Jangan menunggu usia tua menghampiri baru memikirkan rencana pengelolaan uang dengan baik tetapi harus benar-benar di mulai dapat masa muda apalagi bagi kalian yang saat ini sedang merantau sambil bekerja dan belajar atau salah satunya yang tentunya harus seimbang.

  1. Buatlah cheklist.

Cheklist merupakan salah satu hal yang teramat penting untuk anda, tanpa sebuah cheklist anda akan kesulitan yang tentunya hal tersebut memang cukup baik harus anda terapkan. Cheklist di sini berfungsi untuk membuat sebuah cacatan kecil mengenai kebutuhan anda dan keinginan anda. hal ini perlu dibedakan karena ketika kita belum memahami makna kebutuhan dan keinginan secara rinci hal tersebut sangatlah sulit untuk anda. jadi setiap keinginan dan kebutuhan yang sudah anda dapatkan maka centang untuk tidak membelinya lagi supaya tidak mubazdir untuk ke depannya.

  1. Sisihkan minimal 10% uang anda.

Sisihkan minimal 10% uang saku anda setiap bulannya untuk ditabung, hal ini sebagai salah satu antisipasi dari yang namanya kehabisan uang atau berfoya-foya, selain itu menabung juga akan melatih anda untuk memanajemen uang dengan baik dan alhasil tabungan anda dapat digunakan kelak sesuai kebutuhan yang sudah anda rencanakan.

  1. Ikutlah sebuah asuransi hidup.

Mengikuti sebuah asuransi hidup bukanlah 100% salah, hal ini akan meminimalisir terjadinya pengambilan tabungan anda untuk beberapa kemungkinan besar seperti kesehatan, pendidikan serta investasi masa depan. Dengan mengikuti sebuah asuransi tentunya anda akan menjadikan diri sebagai salah satu orang yang peduli akan masa depan.

Hal ini seharusnya sudah anda terapkan jauh-jauh sebelum masuk ke usia dewasa tengah, usia 25 tahun seharusnya anda sudah memiliki tabungan dan mencapai pencapaian hidup dengan baik. Gunakan banyak waktu anda untuk beberapa hal yang positif dan selalu kelola uang anda dengan benar dan baik.

Rujukan Lainnya:

surat keterangan lanjut usia, mimpi mendapat lokan, tabung etha

[Diyah Amartiwi - DokterGaul.com]