Mengerikan! Beberapa Gangguan Tidur Ini Harus Kamu Ketahui

DokterGaul.com-Gangguan tidur merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada seseorang mulai dari gangguan tidur secara ubnormal hingga berbagai gangguan yang mungkin jarang ditemui di masyarakat. Tidur merupakan salah satu hal yang utama dan menjadi kebutuhan bagi manusia. Tidur sendiri merupakan aktivitas beristirahatnya sebuah organ dan tubuh untuk melakukan segala aktivitas dan fungsinya, dimana tidur ini juga akan bermanfaat dalam menambah energi dalam tubuh. Tidur merupakan salah satu kebutuhan utama yang wajib anda lakukan. Dengan tidur tentunya energi akan kembali pulih apabila aktivitas cukup berat dan meningkat.

 

Namun ternyata ada banyak sekali gangguan tidur yang mana hal ini dikatakan pada kesehatan adalah sebagai salah satu gangguan dari penyakit kejiwaan, stres atau beberapa hal yang lainnya. gangguan tidur ini merupakan salah satu gangguan yang apabila tidak diatasi dengan baik akan menyebabkan berbagai jenis penyakit. Munculnya berbagai jenis penyakit ini akibat dari beberapa gangguan tidur yang mana hal tersebut sangatlah berbahaya. Berikut beberapa gangguan tidur yang wajib anda ketahui supaya anda dapat meminimalisir hal tersebut.

  • Insomnia.

Pastinya semua orang sudah mengetahui mengenai insomnia, insomnia adalah salah satu jenis sleep disorder akibat dari stres, depresi, gangguan lingkungan dan pola tidur yang salah serta pekerjaan. Insomnia sendiri merupakan salah satu gangguan tidur yang mana sulit untuk tidur dalam waktu normal. Waktu normal tidur pada malam hari yaitu mulai pukul 20.00-22.00 sudah mulai mengantuk dan tidur, namun untuk insomnia sendiri memiliki gangguan tidur hingga larut pagi bahkan semalaman sulit untuk tidur.

  • Hipersomnia.

Hipersomnia adalah kebalikan dari insomnia, apabila insomnia tidur seseorang kurang dari 8 jam atau hanya sekitar 3-5 jam sedangkan apabila hipersomnia pola tidur yang lebih dari 8 jam sehari, tidur hingga mencapai 12 jam bahkan keatas. Hal ini diakibatkan beberapa hal termasuk saraf namun untuk kepastiannya belum diselidiki.

  • Parasomnia.

Parasomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang juga biasanya disebut dengan sleepwalking. Parasomnia sendiri merupakan salah satu gangguan tidur yang mana akibat dari beberapa hal seperti halnya terjadi pada fase NREM, tidur berjalan ini biasanya diderita oleh anak-anak, dan bahayanya apabila tidak diawasi dapat membahayakan keselamatnya.

  • Narkolepsi.

Narkolepsi merupakan gangguan tidur sewaktu dimana narkolepsi sendiri merupakan salah satu gangguan tidur akibat dari beberapa hal yaitu seperti akibat dari gangguan pada sistem saraf pusat. Narkolepsi ini adalah gangguan tidur sewaktu dan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Bahkan tidur di jalan, saat mengendarai motor dan masih banyak lagi, biasanya penderita narkolepsi harus diawasi dengan penuh serta gangguan narkolepsi disembuhkan dengan beberapa terapi termasuk obat-obatan.

  • Sleep apneu.

Pastinya sudah mendengar mengenai tidur henti nafas dan meninggal saat tidur, hal ini dapat terjadi akibat adanya sumbatan pada sistem saluran pernafasan dan dapat menghentikan nafas secara tiba-tiba, biasanya sleep apneu juga dapat berisiko tinggi pada mereka yang suka mendengkur saat tidur serta memiliki riwayat amandel, untuk itu ada beberapa terapi kesehatan bersama tim medis yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya sleep apneu.

Itulah beberapa hal mengenai gangguan tidur yang mana harus anda pahami dengan baik supaya dapat terhindar dari gejala tersebut dan tahu apakah anda termasuk salah satu penderita dari beberapa sleep disorder tersebut.

 

Rujukan Lainnya:

apa yang dimaksud dengan korda dorsalis? apa fungsinya, gangguan gi minor, pelipis itu dimana, pelebaran abnormal pembuluh darah balik, cara mengobati gigitan mrutu, sap gangguan emosional pada lansia, sap gangguan emosional lansia, mengatasigatal alergi obat eximer, gangguan gi minor adalah, Adakah dmpk negatif konsumsi nutrijell tiap hari

[Diyah Amartiwi - DokterGaul.com]