Mari Cari Tahu Apa Itu Penyakit Leukemia dan Gejalanya

DOKTERGAUL.COM – Saya baru saja rerun sebuah film mandarin yang berkisah tentang seorang wanita muda yang terserang penyakit “aneh” yang membuat darah yang keluar dari tubuhnya ketika terluka sukar membeku dan akhirnya merenggut nyawa si gadis di akhir cerita.

Akhirnya saya penasaran tentang jenis penyakit seperti apa yang diderita oleh si tokoh utama. Setelah browsing sana-sini pencarian saya membuahkan hasil.

Penyakit Leukemia dan Gejalanya

Ya, tokoh utama dalam film mandarin tersebut mengidap penyakit mematikan yang bernama leukimia. Atau kita sering menyebutnya dengan penyakit kanker darah.

Pertama kali saya menonton film mellowdrama tersebut, saya pikir ide ceritanya mengada-ada, penyakit itu hanya rekaan saja, ternyata memang si penulis cerita betul-betul melakukan riset mendalam mengenai penyakit kelainan darah ini.

JANGAN LEWATKAN:

Ngomong-ngomong tentang penyakit leukimia, penyakit leukimia atau kanker darah adalah sebuah penyakit yang dapat membuat penderitanya menjadi sangat rentan tertular penyakit maupun virus karena sel darah putih di tubuh si penderita di dalam tubuh yang berlebihan.

Seharusnya sel darah putih dapat berfungsi menjaga tubuh dari suatu penyakit, tetapi pada penderita penyakit Leukemia, sel darah putih ini tidak berfungsi secara normal atau tidak seperti biasanya. Karena itulah, tubuh penderita leukimia atau kanker darah rentan sekali terkena infeksi virus.

Berbahaya sekali kan?

Di stadium awal saja sudah sangat mengganggu aktifitas si penderita apalagi pada stadium lanjutan dan stadium akhir. Penyakit ini juga bisa mengakibatkan pembengkakan di kalenjar limpa karena sel darah putih yang terkonsentrasi penuh di kalenjar limpa seseorang yang sudah terjangkit.

Gejala Umum Penyakit Leukemia

Gejala yang sering mungkin terjadi adalah penderita akan menjadi kesulitan bernafas atau dyspnea. Jika anda, keluarga anda ataupun teman anda mengalami gejala yang sama dengan yang telah saya sebutkan diatas, maka segera memastikan keadaan anda ke dokter.

Tujuannya untuk memastikan dan kemudian mendapatkan perawatan secepatnya jika benar anda telah terkena sebuah penyakit leukimia sebelum semuanya terlambat.

Nah, beberapa gejala tadi biasanya terjadi pada orang dewasa, namun tahukah anda bahwa sebenarnya anak-anak juga bisa dan rentan sekali terjangkit penyakit mematikan ini?

Oleh karena itu sangat disarankan bagi anda yang memang memiliki buah hati yang masih kecil agar lebih berhati-hati dan tentunya anda harus juga menjaga kesehatan anak anda agar penyakit leukimia ataupun kanker darah tidak menjangkiti buah hati anda.

Mengapa saya berkata seperti itu? Karena sebagian besar anak-anak tidak akan merasakan sakit bila gejala-gejala tersebut menyerang mereka.

Gejala Leukemia Pada Anak-Anak

Gejala yang biasanya dialami oleh anak-anak yang terkena penyakit leukimia ataupun kanker darah, tubuhnya akan terus-terusan mengecil dan kurus seperti layaknya anak yang kekurangan gizi, padahal yang sebenarnya gizinya sudah terpenuhi dengan sangat baik oleh orangtuanya.

Penyusutan berat badan yang terjadi karena biasanya nafsu makan anak tersebut berkurang ataupun tidak ada sama sekali, sehingga akhirnya mempengaruhi berat badannya.

Gejala lain yang biasanya terjadi pada anak yang terserang penyakit leukimia ataupun kanker darah adalah kurangnya keseimbangan tubuhnya secara signifikan. Anak yang menderita penyakit ini akan mudah sekali terjatuh apabila dia sekedar berjalan santai atau berlari.

Ciri-ciri lain yang sangat nampak pada anak adalah darah yang sulit membeku apabila si anak terjatuh ataupun terluka saat melakukan suatu hal. Gejala ini sama persis dengan gejala yang biasa terjadi pada orang dewasa.

Setelah anda mengetahui ciri-ciri penyakit leukimia, ada baiknya anda juga harus mengetahui beberapa tipe penyakit ini agar anda dapat mewaspadainya. Pada dasarnya penyakit leukimia dapat dibagi menjadi 2 tipe, yaitu leukimia limfostik dan leukimia mielositik.

Leukimia limfostik biasanya diderita oleh anak-anak. Bahkan penyebab dari tipe limfostik ini belum ditemukan sampai sekarang. Akan tetapi banyak penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa kemungkinan besar leukimia limfostik ini terjadi karena faktor genetik.

Sedangkan leukimia mielositik adalah leukimia yang paling ganas, membahayakan serta dapat mengancam nyawa seseorang.

Demikianlah penjelasan tentang penyakit leukimia ataupun kanker darah, dengan mengetahui ciri-ciri tersebut diharapkan anda lebih mewaspadai tentang penyakit mematikan ini baik untuk diri anda sendiri maupun untuk buah hati anda.

Rujukan Lainnya:

penyakit dapen, mangi bangke, ciri ciri selokarang, ciri penyakit kupret, penyakit kabal, tanda penyakit denah, toket dibawah umur, gejala keracunan ganja, gejala sango, fery kokel

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]