Penyakit Angin Duduk, Apa Gejalanya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

DOKTERGAUL.COM – Angin duduk adalah penyakit mematikan yang ada di indonesia. Bagaimana tidak? Apabila seseorang telah mengidap penyakit ini maka dengan mudah nyawanya terenggut secara tiba-tiba.

Saya mengatakan ini bukan tanpa alasan, karena saya telah mendengarkan sendiri kisah orang yang terkena angin duduk dan berakibat kematian. Dulu saya memiliki seorang sahabat karib waktu taman kanak-kanak, kemana-mana kami selalu bersama, entah itu waktu jajan, saya pun sering menginap di rumahnya.

Angin Duduk

Seiring waktu berjalan, komunikasi kami terputus, sampai akhirnya kami bertemu lagi waktu SMP, akhirnya dia mengajak saya untuk menginap di rumahnya lagi.

Saya memang sudah dekat dengan orangtuanya, teman saya ini adalah tipikal anak perempuan yang dekat sekali dengan ayahnya. Bukankah setiap anakperempuan memang dekat dengan ayahnya ya?

Setelah berminggu-minggu berlalu tersiar kabar yang kurang mengenakkan dan menyedihkan karena ayah dari teman saya tersebut meninggal dunia karena terkena serangan penyakit angin duduk sewaktu perjalanan menuju kantornya.

Sejak saat itu saya ingin tahu tentang penyakit angin duduk ini, penyakit model apakah ini? Jika anda ingin tahu dan ingin mengetahui apa itu angin duduk seperti saya dahulu, ayo kita bahas bersama.

Apa Itu Angin Duduk?

Angin duduk sendiri adalah salah satu gangguan pada jantung yang biasanya disebabkan karena berkurangnya asupan oksigen yang masuk dalam organ jantung manusia, dan hal ini menyebabkan menurunnya aliran darah dalam tubuh seseorang.

Gejala umum yang sering muncul pada penderita yang mengalami angin duduk adalah akan merasakan rasa nyeri dan sesak pada ulu dada dan bahkan kadang penderita juga mengalami mati rasa saat angin duduk menyerangnya. Bahkan yang lebih parahnya angin duduk dapat menyebabkan kematian seperti ayah teman saya yang sudah saya ceritakan di awal tadi.

Ciri dan Gejala Umum Angin Duduk

Ciri-ciri sekaligus gejala dari angin duduk biasanya adalah adanya nyeri pada dada yang kemungkinan dapat menyebar dengan cepat di lengan kiri, punggung, rahang serta leher.

Penyakit Angin Duduk

Ciri berikutnya yaitu penderita merasakan sesak nafas seperti halnya terkena asma. Tubuh penderita terasa lelah seperti kekurangan sel darah merah. Mual, pusing, gelisah serta biasanya mengeluarkan keringat yang berlebihan seperti orang yang sedang mandi.

Faktor Penyebab Terjadinya Angin Duduk

Penyebab angin duduk biasanya disebabkan karena penderita memiliki kandungan kolesterol yang lumayan tinggi di dalam tubuhnya. Penderita memiliki penyakit diabetes. Penderita juga mengalami gejala hipertensi. Stress juga merupakan faktor utama seseorang terkena penyakit angin duduk.

Faktor yang lain yaitu obesitas, karena obesitas biasanya juga berhubungan erat dengan kolesterol sekaligus diabetes. Faktor terakhir yang menyebabkan seseorang terkena angin duduk yaitu karena orang tersebut merupakan perokok aktif, kurang berolahraga serta faktor usia yang biasanya menyerang orang dewasa diatas usia 30 an tahun.

Cara Mengatasi Penyakit Angin Duduk

Setelah anda mengetahui apa itu angin duduk serta faktor penyebab penyakit ini, baiknya anda juga mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit ini. Cara pertama yaitu dengan mengoleskan minyak angin merk apapun di bagian perut, pinggang, dada serta bagian punggung dari si penderita angin duduk.

Kemudian langkah selanjutnya yaitu anda menyiapkan 2 botol yang telah diisi oleh air hangat. Botol air hangat pertama, anda letakkan di bagian ulu hati ataupun di bagian perut depan tempat dimana angin duduk biasanya tidak bisa keluar.

Sedangkan untuk botol air hangat kedua, anda harus meletakkannya di telapak kaki. Dan posisi yang paling tepat adalah dengan posisi rebahan agar lebih rileks dan santai.

Penyakit Angin Duduk

Apabila angin yang ada di dalam tubuh masih sulit keluar maka langkah berikutnya adalah dengan memakai pakaian tebal seperti misalnya jaket Tebal serta selimut tebal agar tubuh mengeluarkan keringat dingin.

Jika langkah-langkah tersebut tidak berhasil maka anda dapat mengatasi angin duduk dengan cara mengkonsumsi obat yang mengandung kandungan nictoglycerin, yang bisa anda beli di apotek terdekat. Zat nitroglycerin ini berfungsi sebagai pengendur pembuluh darah serta penurun tekanan darah dalam tubuh penderita.

Langkah lain lagi untuk mengatasi serangan angin duduk yaitu dengan mengkonsumsi obat anti sel pembeli darah, obat yang paling murah yaitu aspirin. Aspirin berguna untuk melonggarkan sumbatan di aliran darah serta mengurangi rasa nyeri saat terkena serangan angin duduk.

Jika cara-cara tersebut tidak mempan, maka Anda dapat membawanya langsung ke dokter yang memang berpengalaman di bidangnya. Demikianlah informasi tentang penyakit angin duduk, gejala dan tanada-tandanya serta bagaimana cara mengatasinya sebelum ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

tenggorokan terasa menyempit, Dcfc adalah, albothyl terminum, leher kocetan, cara penularan penyakit hipogo, CARA PENULARAN hipogonadisme, mind mapping ispa, penyakit boff, cara penularan penyakit hipogonadisme, arti portio tebal

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]