11 Khasiat dan Manfaat Bunga Sebagai Obat Kesehatan

DOKTERGAUL.COM – Bunga merupakan bagian dari sebuah tumbuhan. Tumbuhan sendiri terdiri dari bagian akar, batang, daun, buah serta bunga. Bagian akar digunakan untuk menyalurkan nutrisi yang terkandung di tanah menuju semua bagian tumbuhan.

Batang adalah tempat yang digunakan seumpamanya jalan untuk nutrisi serta apapun yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis. Daun adalah bagian tumbuhan yang mengandung zat klorofil yang digunakan untuk proses fotosintesis.

Khasiat Bunga Sebagai Obat Kesehatan

Buah adalah bagian dalam tumbuhan yang paling banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh mahluk hidup. Bunga merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan buah, karena keduanya memiliki kesamaan sama-sama digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia.

Ngomong-ngomong mengenai bunga, bunga banyak digunakan oleh manusia untuk berbagai macam aktifitas misalnya untuk pembuatan kosmetik, contohnya seperti sebuah produk yang banyak beredar di masyarakat yang mengandung kandungan bunga hibiscus.

Tapi tahukah kamu bahwa bunga juga mengandung manfaat untuk obat berbagai macam penyakit yang diderita oleh manusia. Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa informasi tentang beberapa jenis bunga yang dapat digunakan sebagai obat, apa saja itu? Mari kita simak bersama-sama.

1. Semua bagian dari bunga matahari alias helianthus anuus memiliki khasiat

Bunganya punya efek menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit (analgesik). Bijinya sebagai antidisentri dan merangsang pengeluaran cairan tubuh dan campak.

Daunnya berkhasiat untuk antiradang, analgesik dan juga antimalaria. Akarnya pun punya khasiat untuk antiradang, peluruh air seni, pereda batuk dan analgesik. Sedangkan, sunsum batang dan dasar bunganya berkhasiat merangsang energi vital, analgesik, menenangkan lever.

2. Bunga bugenvil dapat dipakai untuk menyembuhkan keputihan dan haid yang tidak teratur

Batangnya bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakit hepatitis. Pemakaiannya cukup dengan merebus 9 hingga 15 gram dengan 3 gelas air bersih selama 15 menit.

3. Bakung putih (crinum asiaticum linn) mengandung zat alkaloida (likorin) yang berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit frambusi

Ramuannya, tumbuk hingga halus 20 buah bakung putih dan 2 cangkir beras merah. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga mendidih. Ramuan digunakan untuk mengusap bagian tubuh yang terkena frambusia. Lakukan 2-3 kali sehari.

4. Masyarakat jawa mengenal bunga dandelion alias taraxacum dengan sebutan jombang

Dalam bahasa china disebut pu gong ying. Khasiat antitoksin akar dandelion adalah membantu mekanisme kerja hati dan kantung empedu untuk mengeluarkan sisa metabolisme serta merangsang ginjal mengeluarkan racun melalui air kemih. Selain itu, berperan dalam proses pembuangan racun yang terbentuk pada infeksi dan polusi.

5. Beragam manfaat dari bunga melati

Untuk mengobati luka dari gigitan serangga. Remas-remaslah bunga melati/dilumatkan kemudian tempelkan di bagian luka. Diamkan sampai kering. Untuk mengatasi mata merah. Rebuslah 6 gr melati, cara memakainya, airnya bisa untuk diminum atau bisa juga untuk merambang mata.

Untuk mengatasi insomnia. Pakailah akar dari pohon melati, sebanyak 1-5 gr, cuci bersih, tumbuk sampai halus, tambahkan air matang, saringlah dan minum saat menjelang tidur.

Khasiat Bunga Sebagai Obat Kesehatan

6. Bunga pukul empat dapat dijadikan ramuan untuk mengatasi jerawat

Sediakan bunga pukul empat secukupnya. Haluskan hingga seperti tepung, tambahkan air secukupnya. Kemudian, oleskan ramuan pada wajah yang berjerawat.

7. Untuk mengatasi rematik,

Gunakan 10-15 gram yang belum mekar, 30 gram daun srikaya , 20 gram daun ketapang, 20 gram jahe, 10 butir merica, dicuci lalu ditumbuk halus. Tambahkan air secukupnya, kapur sirih secukupnya, kemudian diaduk rata lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.

8. Untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang

Ambillah beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas, kemudian letakkan kapas itu di gigi yang sakit. Hati-hati, jangan sampai mengenai gigi yang tidak sakit. Dosisnya 1-2 kali sehari. Namun, pengobatan dengan getah ini hanya bersifat sementara dan tak bisa menyembuhkan secara tuntas.

9. Bunga soka alias ixora coccinea berkhasiat mengurangi rematik

Caranya: 30 gram daun dewa segar + 2 kuntum mawar +2 kuntum soka + 20 gram kunyit, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum dua kali sehari secara teratur.

10. Anggrek kupu atau arundina chinensis BI untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih

Caranya: ambil daun segar 30 gram anggrek kupu, dicuci dan direbus dengan 400 ml air sampai mendidih selama 15 menit, disaring lalu diminum sekaligus setelah dingin, sehari sekali di pagi hari.

11. Untuk menghalau bronkitis

Cuci dua kuntum bunga sepatu alias hibiscus rosasinensis lalu tumbuk sampai halus. Beri 3/4 gelas air masak dan sedikit garam. Aduk ramuan tersebut hingga merata lalu peras dan saring. Minum dua kali sehari.

Demikianlah khasiat bunga untuk pengobatan. Semoga dapat menambah informasi bagi anda!!

Rujukan Lainnya:

manfaat bunga tempayang untuk kesuburan, mimpi menanam bunga dlm pot, manfaat daun kacang 7, bunga kacang giring giring, bunga tempayang untuk kandungan, Flavobacterium adalah, efek bunga tempayang, kata tidak baku terapi, kenapa dermatitis bisa menyebabkan bronkitis, kenapa dermatitis dapat menyebabkan bronkitis

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]