4 Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Keputihan

DOKTERGAUL.COM – Keputihan  adalah sebuah gejala penyakit yang ditandai oleh keluarnya cairan dari organ reproduksi wanita dan bukan berupa darah. Keputihan sendiri ada yang normal dan ada juga yang tidak normal.

Keputihan terkadang disertai dengan keluarnya bau yang kurang sedap dari organ reproduksi wanita. Untuk mengatasinya, ada beberapa ramuan untuk mengatasi keputihan secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri.

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Keputihan

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi keputihan ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa faktor penyebab keputihan terlebih dulu.

Beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu munculnya keputihan tersebut yang diantara lain yaitu stres, kurangnya kebersihan organ kewanitaan, penggunaan obat tertentu seperti pil KB atau obat hormonal dan juga infeksi jamur.

Berikut ini adalah beberapa ramuan tradisional untuk mengatasi keputihan yang bisa Anda lakukan:

Daun Sirih

Daun sirih ini sudah dikenal sebagai cara alami untuk mengobati keputihan yang cukup ampuh. Aktivitas antibakteri dan antijamur pada daun sirih ini juga sangat efektif terutama untuk mencegah terjadinya infeksi pada organ kewanitaan akibat keputihan tersebut.

Banyak  sekali saat ini produk pembersih kewanitaan yang menggunakan ekstak daun sirih sebagai zat aktif. Cara menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 10 lembar daun sirih yang masih segar kemudian simasak dengan air hingga mendidih.

Kemudian gunakanlah air ramuan tersebut untuk mencuci organ kewanitaan anda pada saat buang air kecil atau sekedar untuk membersihkannya.

Apabila Anda tidak mengalami keputihan, tidak ada salahnya juga Anda mencoba ramuan ini, karena selain dapat mengatasi keputihan, dengan Anda menggunakan air daun sirih ini dapat membuat organ kewanitaan Anda menjadi lebih bersih dan segar.

Kunyit

Kunyit ini memiliki zat antibakteri yang efektif untuk mengatasi keputihan secara alami. Untuk cara mengobati keputihan dengan kunyit ini Anda hanya perlu mencampurkan kunyit tersebut dengan asam jawa dan gula jawa.

Dengan cara memarut kunyit  tersebut dan tambahkan asam jawa dan gula jawa ke dalam air perasan tersebut, kemudian ramuan tersebut diminum secara rutin 2 kali sehari satu setengah gelas.

Daun Tapak Liman

Banyak tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi keputihan secara alami, dan salah satunya adalah tumbuhan tapak liman.

Caranya juga cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 2 buah tanaman tapak liman, gunakan tanaman ini dari akar hingga daunnya. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Setelah dingin ramuan ini diminum secara rutin 2 kali sehari hingga keputihan anda hilang.

Daun Miana

Cara mengatasi keputihan dengan menggunakan daun miana ini sama halnya seperti tanaman lainnya, hanya tinggal direbus daun miana tersebut, kemudian ramuan tersebut diminum secara rutin.

***

Nah itulah beberapa ramuan tradisional yang bisa mengatasi keputihan secara alami, yang bisa Anda lakukan sendiri. Cara untuk mengatasi keputihan ini dapat dilakukan dari dalam maupun dari luar.

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Keputihan

Cara dari luar anda bisa membersihkan bagian organ kewanitaan dengan rutin, dan apabila dari dalam anda dapat mencoba meminum salah satu ramuan di atas.

Setelah anda mengetahui cara mengatasi keputihan ini, Ada baiknya juga Anda mengetahui bagaimana cara menjaga agar keputihan tidak datang kembali:

  • Mengurangi stres, karena stres ini dapat memicu munculnya keputihan
  • Menghindari penggunaan bedak untuk membuat organ kewanitaan anda wangi
  • Membersihkan daerah kewanitaan dengan menggunakan pembersih yang tidak mengubah pH pada daerah kewanitaan, dan jangan menggunakan sabun mandi
  • Usahakanlah daerah kewanitaan Anda selalu kering dan terjaga

Demikianlah beberapa tips tentang cara mengatasi keputihan dengan menggunakan ramuan tradisional yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

kapur sirih di supermarket, lovebird tengeng, bentuk daun jakatua, bedak jmb, daun rendeh, obat nyenyeken, kenapa albotil tidak boleh terkena baju, ramuan kemiri adu, cara menghilangkan kondokan di dagu, kenapa cengungukan terus

[DokterGaul.com - DokterGaul.com]