5 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

DOKTERGAUL.COM – Agar mata tetap sehat, tentu harus ditunjang dengan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan makanan. Salah satu makanan yang dapat  menunjang kesehatan mata adalah wortel.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Namun tidak hanya wortel saja, masih banyak jenis makanan lainnya. Apa saja makanan-makanan tersebut? Bagi yang ingin matanya sehati, kamu bisa membaca artikel berikut ini:

Alpukat

Makanan yang pertama adalah alpukat. Sebagian orang percaya  bahwa alpukat dapat menyebabkan kegemukan. Padahal alpukat dapat mengatasi berbagai penyakit, misalnya kolesterol.

Selain mengandung lutein dan vitamin E, alpukat juga dapat meningkatkan kadar karotenoid pada makanan. Agar nutrisi pada tubuh meningkat dan mata menjadi sehat, maka konsumsi alpukat dengan bayam dan wortel.

Telur

Yang kedua adalah telur. Beberapa nutrisi pada telur sangat diperlukan untuk mata karena telur mengandung vitamin A, vitamin B dan seng. Tak hanya itu, kandungan lutein dan zeaxanthin dalam darah akan meningkat hingga 30 % hanya dengan mengonsumi satu butir telur setiap harinya.

Ikan Salmon

Yang ketiga adalah ikan salmon. Iklan salmon terkenal sebagai makanan untuk otak. Padahal tidak hanya baik untuk otak saja melainkan untuk seluruh tubuh juga, termasuk mata. Kandungannya seperti vitamin A, vitamin D dan omega 3 sangat baik untuk nutrisi otak dan mata.

Bawang Putih

Selanjutnya adalah bawah putih dan bawang merah. Bawang putih tidak hanya bagus untuk kesehatan mata tetapi memiliki khasiat yang lainnya. Diantara khasiat bawang putih adalah untuk menyembuhkan demam, menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan imun dan menghilangkan parasit yang bersarang pada tubuh.

Bawang putih dan bawang merah kaya akan sulfur yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan glutathione. Glutathione adalah antioksidan yang bagus untuk lensa mata. Bawang putih dan bawang merah juga bagus untuk memelihara kesehatan mata.

Sayuran Hijau

Yang terakhir adalah sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Sayur-sayuran hijau seperti bayam, sawi, kale, brokoli atau kubis adalah sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B12, dan vitamin C.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya vitamin, sayur-sayuran tersebut juga mengandung mineral termasuk folic acid, kalsium dan kaya akan karotenoid. Meskpun banyak nutrisinya, kamu harus memasaknya dengan hati-hati agar nutrisi tersebut tidak hilang, yaitu dengan cara tidak terlalu matang dalam memasaknya.

Adapun buah-buahan yang dapat meningkatkan kesehatan mata adalah wortel, labu, jeruk peras, dan ubi jalar. Tak hanya meningkatkan kesehatan mata, kandunga beta carotene pada buah-buahan tersebut dapat melindungi mata dari bahaya sinar matahari.

Selain buah-buahan diatas, buah coklat itam, berry hitam dan anggur merah juga berkhasiat untuk melindungi pembuluh darah pada mata. Oke, semoga artikel tentang cara menjaga kesehatan mata di atas bermanfaat buat Anda yang membutuhkannya.

Rujukan Lainnya:

arti gregesi, mata terkena getah pisang, arti dikencingi kelelawar, apakah penggunaan depresan membahayakan kesehatan, menurut pendapatmu apakah penggunaan depresan membahayakan kesehatan, noid adalah, cara mengatasi lem bulu mata yang kering, Apa arti noid, mimpi memetik sayur kangkung, mimpi memasak sayur bayam

[DokterGaul.com - DokterGaul.com]