Payudara Sebelah Kiri Nyeri Seperti Cekit-Cekit (Helpdesk)

DOKTERGAUL.COM – Merasakan adanya gangguan seperti rasa nyeri pada bagian payudara, bisa kami katakan jika tidak sedikit dari perempuan yang mengalami masalah pada payudaranya. Bahkan bisa kami sebutkan jika kanker payudara merupakan pembunuh yang berbahaya untuk setiap wanita.

payudara-sebelah-kiri-nyeri-seperti-cekit-cekit-helpdeskRasa nyeri seperti cekit-cekit (Helpdesk)terkadang dialami oleh banyak wanita. Bahkan sampai merasakan nyeri yang menusuk, sensasi terbakar atau sesak di payudaranya. Wanita harus tahu jika masalah nyeri ini bisa saja bersifat menetap, dapat juga hanya terjadi sesekali.

Rasa nyeri ini berkisar dari ringan sampai berat serta terasa dari hanya beberapa hari sampai lebih dari tujuh hari. Biasanya, keluhan ini dialami ketika seorang wanita akan memasuki periode haid. Nyeri di payudara lebih sering dialami oleh wanita yang berusia muda dibandingkan dengan wanita yang sudah memasuki usia menopause.

Jenis nyeri pada payudara

Nyeri Siklis

JANGAN LEWATKAN:

Nyeri jenis yang paling umum dialami oleh wanita, biasanya terasa di kedua payudara. Nyeri siklis seringkali rutin dialami setiap bulan sebelum atau selama periode haid dan akan mereda atau menghilang setelah periode haid selesai. Umumnya, nyeri payudara ini terasa sampai ke ketiak dan lengan atas.

Nyeri Nonsiklis

Nyeri jenis yang umum dialami oleh wanita berusia 30-50 tahun. Rasa nyeri nonsiklis secara umum dideskripsikan sebagai nyeri tertusuk dan terbakar yang mungkin dirasakan hanya di satu payudara.

Namun yang harus perempuan ketahui jika rasa nyeri pada payudara yang dipengaruhi periode menstruasi dapat normal terjadi dan tidak berbahaya, terutama pada beberapa wanita usia muda akibat dari perubahan hormonal (estrogen dan progesteron) selama menstruasi. Nyeri yang tidak sesuai dengan periode menstruasi dapat disebabkan oleh gangguan pada otot, tulang, kulit, stres psikologis atau gangguan pada payudara itu sendiri.

Harus dipastikan dengan pemeriksaan oleh dokter apakah adanya benjolan, tanda radang, atau lainnya. Anda dapat memeriksakan ke dokter spesialis penyakit dalam dan bila perlu dilakukan pemeriksaan USG pada payudara.

Anda dapat melakukan beberapa saran di bawah ini untuk mengurangi nyeri antara lain:

  • Menggunakan pakaian dalam atau bra yang nyaman
  • Kurangi makanan tinggi garam dan lemak
  • Tingkatkan konsumsi sayur dan buah
  • Kurangi konsumsi kopi, teh, soft drinks, dan coklat
  • Kurangi stres
  • Mengkonsumsi obat pengurang nyeri seperti paracetamol.

Rujukan Lainnya:

arti payudara kanan gatal menurut primbon, arti primbon payudara gatal sebelah kiri, sebutkan Tiga ims yang tidak terlalu berbahaya!, arti uban di alis kiri, payudara kiri gatal menurut primbon, payudara kiri clekit2, arti payudara gatal menurut primbon, kenyotan suami, pengaruh doxycycline pada wanita haid, mimpi kuping ditindik

[Pavecious - DokterGaul.com]