Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami

DOKTERGAUL.COM – Panas dalam bukanlah sebuah penyakit namun indikasi dari suatu penyakit. Kondisi gangguan pencernaan, kelelahan, gangguan tenggorokan, hingga ketidak seimbangan hormon.

Sama halnya dengan badan letih tidak bergairah, panas dalam sering dikeluhkan banyak orang. Sariawan, bibir pecah-pecah, serta nyeri tenggorokan adalah gejala dari panas dalam.

Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami

Berikut adalah penyebab panas dalam:

  • Kekurangan asupan vitamin C
  • Kekurangan serat
  • Dehidrasi
  • Makan goreng-gorengan (junk food)
  • Cuaca yang tidak bersahabat (pancaroba)
  • Stress

Sebenarnya banyak cara untuk mengobati panas dalam. Namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mengobati panas dalam secara alami,  sebagai berikut:

Cincau

Cincau biasanya dikonsumsi dalam bentuk minuman segar. Selain itu cincaubiasanya digunakan sebagai obat penurun panas dalam, dan sebagai obat untuk gangguan pencernaan. Komponen pada cincau sebagian besar berupa air dan serat sehingga cincau merupakan makanan rendah kalori yang bisa digunakan sebagai makanan diet.

Air kelapa muda

Air kelapa hijau muda mengandung beberapa komponen yang dipecaya mampu mengobati panas dalam. Kandungan penting yang terdapat dalam air kelapa muda tersebut meliputi berbagai jenis gula seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Selain itu air kelapa muda juga mengandung asam amino glutamat, leusin, arginin, lisin, prolin, alanin, asam aspartat, histidin, fenilalanin, sistin, serin, dan tirosin.

Terdapat juga berbagai vitamin, seperti vitamin C, asam pantotenat, asam nikotinat, biotin, riboflavin, dan asam folat. Beragam jenis mineral meliputi, kalium, kalsium, magnesium dan klorida. Oleh adanya berbagai komposisi tersebut air kelapa muda juga disebut sebagai air isotonik yang sangat cocok untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi akibat panas dalam.

Rambut jagung muda

Selama ini rambut jagung banyak dibuang dan tidak dimanfaatkan. Padahal jika kita mengetahui komposisi dari rambut jagung, sangat berkhasiat untuk meredakan gejala panas dalam. Rambut jagung banyak mengandung komponen flavonoid dan tanin yang dipercaya berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya pnas dalam. Caranya yaitu dengan merebus rambut jagung muda, kemudian air rebusan tersebut diminum langsung.

Kacang hijau

Kacang hijau adalah salah satu hasil pertanian yang cukup populer di Indonesia. Kacang hijau mengandung berbagai gizi penting di antaranya, protein, asam amino, mineral (fosfor, zat besi, vitamin A, vitaminB1, dan lemak.

Kacang hijau sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya, panas dalam, radang gijal,  beri-beri, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol atau pestisida, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, serta menguatkan fungsi limpa dan lambung. Cara penggunaanya yaitu dengan merebus kacang hijau, lalutambahkan gula dan jahe kemudian minum.

Telur ayam kampung

Telur ayam kampung mengandung komposisi gizi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam buras. Seperti kandungan asam amino, vitamin E, dan lemak omega 3 dua kali lipat lebih banyak dari pada telur ayam buras.

Sehingga tidak jarang telur ayam kampung dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu panas dalam. Untuk mengobati panas dalam cara penyajiannya cukup mudah, yaitu merebus sebentar telur ayam kampung, kemudian campurkan dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit dan minum air rebusan tersebut.

Daun sirih

Rebus beberapa lembar daun sirih dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian angkat airrebusan lalu saring, setelah rebusan dingin gunakan untuk berkumur. Ulagi cara ini hingga beberapa kali sampai panas dalam sembuh.

***

Itulah beberapa cara mengobati panas dalam secara alami yang bisa Anda coba. Semoga artikel tentang cara mengobati panas dalam ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.