Perokok Pasif, Berbahayakah?

DOKTERGAUL.COM – Sebagian orang sama sekali tidak mengetahui bahaya menjadi perokok pasif. Mereka menganggap sudah mengikuti gaya hidup sehat dengan tidak merokok.

Padahal, bergaul dengan orang yang merokok atau berada dalam lingkungan yang tercemari oleh asap rokok sama berbahayanya dengan merokok langsung. Bahkan beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa bahaya perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif.

Perokok Pasif, Berbahayakah?
Perokok Pasif, Berbahayakah?

Asap yang mengepul dari ujung rokok terdapat banyak racun. Karena asap  dihasilkan dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna. Asap rokok diketahui mengandung sekitar 4.000 bahan kimia, dimana 60 diantaranya diketahui dapat menyebabkan kanker.

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa perokok pasif juga dapat menderita penyakit yang sama dengan perokok aktif. Misalnya anker, penyakit jantung, Paru-paru dan penyakit lainnya yang mematikan.

Beberapa tips untuk perokok pasif:
– Tambahlah asupan vitamin C. Asap rokok mengandung zat yang dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga rawan menimbulkan infeksi.
– Usahakan untuk memisahkan diri kurang lebih 180 cm dari perokok aktif.
– Hindari terpaan kepulan asap si Perokok.

Rujukan Lainnya:

bahayakah jika albothyl tertelan, asap penidur, bahaya las co2, contoh skenario iklan layanan masyarakat perokok pasif, bahaya asap dalam jamur tiram, mind mapping bahaya merokok, preklamsia boleh makan kikil sapi

[DokterGaul.com - DokterGaul.com]