Sering Berbisik-Bisik Bisa Mengganggu Pita Suara

Bicara bisik-bisik boleh-boleh saja seperti pada kondisi tertentu saat rapat atau menonton film. Tapi jika kondisi normal, bicaralah normal karena sering bisik-bisik malah bisa mengganggu pita suara. Bicara bisik-bisik atau pelan justru memberikan tekanan yang lebih berat pada pita suara ketimbang bicara normal, yang menyebabkan trauma yang lebih parah pada laring. Maka itu sebagian besar para otolaryngologist (ahli bedah khusus THT) menyarankan masyarakat untuk tidak terlalu sering berbisik. Laring atau biasa disebut dengan kotak suara adalah organ pada leher mamalia termasuk manusia yang berfungsi melindungi trakea dan terlibat dalam produksi suara.

Di dalam laring ini pula terdapat pita suara. Penyanyi misalnya, membutuhkan istirahat vokal yang salah satunya adalah menghindari berbicara bisik-bisik. Hal ini diketahui karena dua per tiga partisipan dari sebuah penelitian mengalami beban yang lebih besar pada pita suaranya ketika berbisik ketimbang bicara normal. Memeriksa pita suara dan juga serat optik dari para partisipan. Untuk mengetahuinya partisipan diminta mengucapkan angka dari 1 sampai 10, pertama dengan suara yang normal lalu berbisik. Sebanyak 69 partisipan mengalami penambahan beban di pita suaranya ketika berbicara dengan cara berbisik. Sedangkan 18 orang lain tidak menunjukkan perbedaan dan 13 orang lainnya justru lebih mudah berbisik dibanding berbicara normal.

Rujukan Lainnya:

manfaat daun kecapi untuk suara, bagaimana cara kerja pita suara sehingga dapat berfungsi sebagai penghasil suara, beda kaku kuduk dan kuduk kaku, cara kerja pita suara sehingga dapat berfungsi sebagai penghasil suara, bagaimana cara kerja pita suara sehingga dapat berfungsi sebagai penhasil suara, cara kerja pita suara menjadi suara, manfaat suara ko

[DokterGaul.com - DokterGaul.com]