Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Ilustrasi Minum Air Kelapa

DOKTERGAUL.COM – Pohon kelapa adalah pohon yang sangat bermanfaat bagi manusia. Semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan, muali dari akar, batang, daun hingga buahnya. Nah, air kelapa sudah dikenal sebagai minuman yang berkhasiat sejak zaman dahulu.

Air kelapa berkhasiat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Air kelapa mengandung berbagai macam nutrisi, seperti kalori, protein, air, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin C. banyaknya nutrisi yang terkandung dalam air kelapa membuat air kelapa memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

Apa saja khasiat air kelapa? Berikut ini adalah beberapa khasiat air kelapa terutama untuk kesehatan tubuh.

Menambah Energi Tubuh

Khasiat air kelapa yang pertama ialah dapat meningkatkan energi. Air kelapa mengandung cairan isotonik yang serupa dengan komposisi elektrolit dan cairan dalam tubuh sehingga efek dehidrasi karena berkurangnya cairan tubuh bisa berkurang. Selain itu, air kelapa juga mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang mampu memberi energi bagi tubuh.

Jika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang fatal. Apalagi jik dehidrasi terjadi pada bayi. Nah, air putih saja tidak cukup jika sudah berada pada kondisi ini.

Maka, gunakan air kelapa untuk menggantikan tubuh yang kekurangan cairan. Air kelapa juga bermanfaat jika caira tubuh hilang karena olahraga. Air kelapa mengandung elektrolit sehingga bisa menolong orang yang mengalami dehidrasi.

Menetralisir Racun di Dalam Tubuh

Selain mampu meningkatkan energi dan mengganti cairan tubuh yang hilang, air kelapa juga berkhasiat untuk menteralisir racun. Air kalap mengandgun antidotum sehingga bisa menetralisir racun tapi tidak semua jenis racun.

Jika racun terdapat pada lambun, maka air kelapa akan menetralisir racun dengan cara membilasnya atau memuntahkannya. Namun, apabila racun tersebut sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, maka air kelapa akan membantu untuk mengencerkannnya sehingga racun akan keluar melalui ginjal.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat air kelapa untuk kesehatan yang selanjutnya ialah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imun terbentuk dari protein. Jika kandungan protein rendah maka antibody yang dihasilkan juga rendah.

Nah, air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan zat anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Air kelapa juga bisa membantuk melawan virus dan membangun sistem kekebalan pada tubuh karena mengandung glutamine dan arginin.

Mengurangi Efek Alkohol Terhadap Tubuh

Khasiat air kelapa yang terakhir ialah untuk mengurangi efek alkohol pada tubuh. Minuman beralkohol yang masuk ke lambung bisa dikeluarkan dengan cara meminum air kelapa. Air kelapa bisa berfungsi sebagai penawar dari zat-zat tertentu sehingga minuman tersebut akan keluar dengan cara dimuntahkan.

Namun, air kelapa tidak akan bermanfaati jika minuman keras sudah merasuk ke dalam jaringan-jaringan pada tubuh dan sudah menimbulkan kerusakan jaringan yang bersifat permanen.

***

Demikianlah beberapa khasiat buah kelapa dan manfaat air kelapa yang berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga bermanfaat.

[DokterGaul.com - DokterGaul.com]