Khasiat dan Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

DOKTERGAUL.COM – Nama latin dari buah Melon adalah Cucumis Melo. Buah melon termasuk ke dalam suku labu-labuan yang biasa disebut dengan istilah Cucurbitaceae. Pada tahun 70-an, buah melon disebut sebagai buahnya orang kaya.

Khasiat dan Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Selain harganya mahal, saat itu buah tersebut masih langka. Namun, saat ini buah melon sudah memiliki harga yang relative murah dan bisa dikonsumsi oleh semua lapisan masyarkat karena sudah dibudidayakan di Indonesia.

Buah melon memilki rasa yang manis dan segar. Oleh karena itu, tak heran jika buah ini banyak digemari di Indonesia. Buah ini bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara.

Bisa dimakan langsung atau dicampurkan dengan berbagai jenis minuman seperti koktal. Bahkan, ada yang mengonsumsinya dengan cara dijus.

Khasiat dan Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Dibalik kesegarannya, buah melon juga mengandung berbagi macam nutrisi untuk kesehatan. Apa saja sih kandungan dan manfaat dari buah melon? Beriku ini pemaparannya.

Tak hanya rasanya yang segar, kandungan nutirsi yang penting pada buah melonpun sangatlah banyak. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam daging buah melon mengandung berbagai macam zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, potassium, vitamin A dan vitamin C.

Tak hanya kandungannya saja yang melimpah, manfaatnya pun cukup melimpah. Hal ini wajar mengingat kandungan yang berada di dalamnya cukup lengkap. Diantara manfaat buah melon adalah untuk konsumsi diet, anti aging, anti kanker, mencegah serangan jantung dan impotensi, serta menjaga kesehatan mata.

Untuk diet, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Kandungan air di dalam melon dapat memberi efek segar dan mencegah panas dalam. Selain segar, buah ini juga bebas lemak dan kolesterol hingga rendah kalori.

Selain itu, buah melon juga bermanfaat untuk anti aging karena kandungannya berupa zat kolagen. Selain mencegah penuaan, dengan mengonsumsi buah melon luka pun dapat cepat sembuh.

Buah melon juga memilki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandugan karotenoidnya. Selain dapat mencegah kanker, kandungan karotenoid ini juga dapa mencegah penyakit kanker paru-paru dan kanker payudara. Dengan adanuya karotenoid, buah melon jadi memiliki warna.

Manfaat selanjutnya adalah mencegah serangan jantung dan impotensi. Serangan jantung dan stroke yang disebabkan karena menggumpalnya sel darah dapat dihentikan oleh kandungan adenosine yang terdapat pada buah melon.

Dengan mengonsumsi buah melon, resiko terkena jantung dan stroke akan kecil karena adenosine melancarkan peredaran sel-sel darah merah.

Sedangkan untuk mencegah impotensi, buah melon mengandung asam amino yang disebut citrulline yang dapat memproduksi arginine. Aliran darah termasuk menuju organ seksual dapat meningkat dengan adanya arginine. Arginine dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menuju organ seksual lancar.

Yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan mata. Selain sehat, pandangan mata akan menjadi tajam karena kandungan betakaroten yang kaya. Dalam tubuh, betakaroten akan dibuah menjadi vitamin A dan digunakan untuk memperbaiki fungsi mata.

****

Alangkah lebih baiknya jika buah melon ini dikonsumsi secara rutin. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi minuman yang segar seperti jus.

Rujukan Lainnya:

macam macam sulfur farmasi, macem2 letak porsio, manfaat luwing bagi kesehatan, karya tulos ilmiah bat alami maag melon, manfaat tender care mengobati buras, manfaat maca cerkak, obat penguat janin buat kucing, manfaat luwing untuk kesehatan, paedahe maca cerkak, manfaat cahaya matahari bagi kesehatan b sunda

[DokterGaul.com - DokterGaul.com]