Cari Tahu Manfaat Akar Kuning di Sini

DokterGaul.com – Akar kuning merupakan salah satu bahan pengobatan tradisional yang sering dikonsumsi. Sejak lama, akar kuning telah dikenal manfaatnya untuk menyembuhkan kerusakan hati. Di samping itu, ternyata akar kuning juga memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dimiliki oleh akar kuning:

Antibiotik

Akar kuning memiliki berbagai macam zat yang bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, serta zat besi. Selain itu, akar kuning juga memiliki kandungan berberin yang merupakan zat kimia alkaloid yang berperan sebagai stimulan kekebalan tubuh, anti jamur, dan juga obat penenang ringan. Sejak zaman dahulu, bangsa india telah menggunakan akar kuning untuk mengobati batuk, pneumonia, dan juga infeksi telinga.

Anti Inflamasi

JANGAN LEWATKAN:

Selain bermanfaat sebagai antibiotik, akar kuning juga memiliki manfaat sebagai anti inflamasi. Oleh karena itu, akar kuning sering digunakan untuk mengobati alergi rhinitis, demam, asma, serta radang tenggorokan. Selain itu, akar kuning juga dapat dimanfaatkan dalam bentuk salep untuk mengobati psoriasis dan eksim yang merupakan kondisi inflamasi kulit.

Pencernaan

Akar kuning juga dapat diseduh dalam air dan dikonsumsi seperti teh. Cara ini dapat membantu meringankan keluhan pada organ pencernaan seperti diare, dispepsia, tukak lambung, serta gangguan pencernaan lainnya. Akar kuning juga dapat membantu mengobati sembelit serta meningkatkan aliran empedu dan enzim pencernaan yang diperlukan untuk memecah makanan.

Kolesterol

Ekstrka akar kuning dapat membantu menyehatkan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Hal ini disebabkan oleh kandungan berberin dan canadine yang terdapat dalam akar kuning. Kandungan tersebut menjadikan sel-sel lebih sensitif terhadap perubahan dan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah menurun secara alami.

Tonik

Akar kuning juga dipercaya memiliki manfaat sebagai tonik hati bagi orang yang mengalami tonik hati alkoholik. Akar kuning membantu membersihkan dan mendukung proses kelenjar serta membantu memaksimalkan fungsi hati. Akar kuning telah sejak lama dijadikan bahan untuk membuat ramuan untuk douche vagina bagi trikomonas dan juga jamur.

Dengan berbagai manfaatnya, tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi akar kuning sebagai suplemen anda. Saat ini, menemukan akar kuning dalam bentuk suplemen cukup mudah. Akan tetapi, bagi wanita hamil sebaiknya anda tidak mengkonsumsi suplemen akar kuning, karena dapat menyebabkan kontraksi rahim sebelum waktunya.

Rujukan Lainnya:

trombopom, tablet kuning kecil dari mef, ganja batang kuning, Hidrocotison, jenis obat mef, Mef obat apa warna kuning, obat bertulisan mef, obat mef wana kuning berfungsi untuk?

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]