Jangan Biarkan Balita Menangis Terlalu Lama, Ini Alasannya

Tangisan balita terkadang dianggap sepele, banyak orang tua yang sering membiarkan anaknya menangis dalam waktu yang lama. Padahal kondisi tersebut sebenarnya tidak boleh karena akan bisa berdampak kurang baik untuk tumbuh kembang balita tersebut. Nah, tentunya bagi orangtua yang memiliki balita harus waspada dan lebih menjaga agar anak-anaknya. Berikut ini beberapa dampak buruk yang mungkin dapat terjadi bila balita dibiarkan menangis terlalu lama.

Merusak perkembangan Otak

Berdasarkan penelitian yang telah ada, anak yang dibiarkan menangis terlalu lama akan mengalami risiko kerusakan dalam perkembangannya hingga 15 %. Hal tersebut tentu akan kurang baik untuk para balita karena dapat mengurangi kapasitas untuk belajar.

Menimbulkan rasa tertekan

JANGAN LEWATKAN:

Bayi ataupun balita yang terlalu menangis juga akan erasakan perasaan yang terkekan lebih lama. Perasaan tersebut seharusnya tidak boleh dibiarkan begitu saja, seharusnya orang tua memberikan pelukan dan menenangkannya sehingga balita tidak menangis lagi. Perasaan tertekan akan berdampak kurang baik untuk tumbuh kembang balita karena bisa mengakibatkan perasaan yang cemas berlebihan dan kurang responsif dengan orang lain.

Kecerdasan Berkurang

Saat perkembangan otak berjalan kurang baik maka kecerdasan balita juga akan mengalami kemunduran. Bagi orangtua yang memiliki balita sebaiknya memberi asuhan dan pola makan yang tepat termasuk memenuhi nutrisinya agar tumbuh kembangnya dapat berlangsung dengan optimal. Bila balita terpenuhi gizi serta terlihat lincah atau aktif maka kecerdasannya dapat lebih baik juga. Selain itu, balita juga harus diberi stimulus untuk mengembangkan motoriknya misalnya seperti berenang, menari, dan lain sebagainya.

Cenderung Anti-sosial

Apabila Anda memiliki balita, alangkah baiknya Anda tidak membiarkannya menangis terlalu lama dan merasakan perasaan yang tertekan. Hal tersebut akan berakibat buruk terhadap perilaku dan sikapnya. Balita akan mengalami gangguan konsentrasi hingga memiliki sikap anti-sosial. Luangkan waktu Anda untuk mengajarkan pada anak untuk bersosialisasi  dan menghargai satu sama lain dengan teman-teman sebayanya sehingga rasa sosialnya lebih baik.

Demikian ulasan tentang beberapa alasan untuk tidak membiarkan balita menangis terlalu lama. Dengan mengajak bermain diluar ruangan, Anda juga bisa memanjakan anak dan sekaligus mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan serta bersosialisasi. Selamat mencoba.

 

Rujukan Lainnya:

askep hipermetropi pdf, alb0thyl, halfilin, tahan lama sepong

[Dwi Utami - DokterGaul.com]