Manfaat Konsumsi Telur Setengah Matang yang Kaya Nutrisi

Terkadang lidah orang Indonesia kurang cocok dengan makanan yang setengah matang misalnya telur. Kebanyakan orang tidak enyukai telur setengah matang karena dirasa membuat mual dan teksturnya terlalu lembek. Selain itu banyak berita yang tersebar bahwa kemungkinan terdapat bakteri Salmonella yang tentu mengganggu kesehatan dan sistem pencernaan. Dari sisi lain, telur setengah matang sebenarnya memiliki banyak manfat untuk kesehatan. Mau tahu? Berikut ini akan ada ulasan tentang manfaat konsumsi telur setengah matang.

Menguatkan daya ingat

Telur setengah matang dapat dijadikan sebagai sarapan sehat karena kandungan lemak tidak jenuh didalamnya sangat baik untuk dikonsumsi. Makanan ini adalah sumber protein dan choline yang begitu tinggi. Kandungan choline yang tinggi tersebut mampu meningkatkan kapasitas memori dalam otak. Apabila Anda ingin memiliki daya ingat yang tajam maka konsumsilah telur setengah matang tiap sarapan.

Menyehatkan mata

Kesehatan mata memang perlu dijaga dengan cara memakan makanan yang mengandung vitamin A. Telur setengah matang juga mengadung vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Di dalam telur setengah matang ternyata mengandung lebih banyak vitamin A bila dibandingkan dengan telur yang dimasak dengan matang.

Mencegah penuaan

Kandungan telur setengah matang memang banyak sehingga khasiat dan manfaatnya juga banyak. Telur yang dimasak setengah matang ternyata bagus untuk mencegah penuaan karena mengandung lutein, carotenoid, dan zeaxanthin. Apabila Anda ingin tampil lebih sehat dan muda maka kosumsilah telur setengah matang dengan rutin sehingga tubuh terhindar dari proses penuaan dan organ penglihatan dapat terlindungi.

Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan darah menyebabkan letih, lemah, dan lesu pada penderita. Hal tersebut tentu sangat mengganggu dan menghambat aktifitas sehari-hari. Penyakit tersebut sebanarnya terjadi akibat kekurangan vitamin B12 dalam tubuh. Cara untuk mengatasi kekurangan vitamin tersebut yaitu dengan cara mengonsumsi telur yag diolah setengah matang karena masih banyak nutrisinya termasuk vitamin B12.

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi telur setengan matang. Alangkah baiknya Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Selain itu juga perhatikan kebersihan cangkang telur agar tidak mengkontaminasi isi telur tersebut. Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

apa arti mimpi muntah kulit telur, mimpi muntah cangkang telor, mimpi mengocok telur, mimpi beli telur bebek, isi fionat, firasat kejatuhan telur cicak, arti mimpi memutahkan telur cicak, arti mimpi memberi telur ayam, arti mimpi dikasih telur asin, mimpi muntah kulit telur

[Dwi Utami - DokterGaul.com]