4 Makanan Sehat dan Kaya Manfaat untuk Balita

Balita atau bayi umur lima tahun ke bawah sering mengalami kesulitan dalam mengonsumsi makanan. Bagi para ibu yang memiliki balita tentu juga agak kesulitan untuk memberi makanan yang tepat dan mengandung banyak nutrisi. Kebanyakan orang tua membeli makanan instant untuk balita, padahal para ibu sebenarnya dapat membuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah dan banyak mengandung nutrisi loh. Yuk simak ulasan berikut tentang 4 makanan sehat dan kaya manfaat untuk balita yang perlu ibu coba.

Nasi tim ayam

Nasi tim ayam dapat diolah dengan mudah di rumah, untuk bahan-bahan yang diperlukan juga terbilang cukup murah. Bahan-bahan untuk membuat nasi tim ayam antara lain seperti nasi setengah matang, wortel, tomat, daging ayam giling, kuning telur, dan garam. Cara membuat nasi tim ayam sendiri yauitu dengan cara memasukkan semua bahan lalu tim hingga matang.

Masakan tersebut kaya akan gizi dan nutrisinya lebih terjaga karena cara memasaknya di tim tanpa menggunakan minyak sama sekali. Nasi tim ayam mengandung berbagai macam vitamin dan mineral serta kaya seret sehingga cocok dikonsumsi oleh balita. Rasa dari masakan tersebut juga enak dan nikmat sehingga balita akan lebih menyukainya.

Sup bakso tahu

Kebanyakan anak kecil menyukai bakso karena bentuknya unik dan rasanya nikmat. Nah, bagi para ibu yang memiliki balita, sebaiknya hidangkan sup bakso tahu yang nikmat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Sup bakso tahu dapat dicampurkan dengan sawi hijau dan jagung sehingga nutrisinya lebih lengkap.

Bagi para ibu yang ingin menghidangkan makanan sehat dan bergizi untuk balita sebaiknya pilihlah bahan-bahan yang berkualitas. Pilihlah bakso yang sudah terjamin keamanannya atau Anda bisa membuatnya sendiri sehingga sudah pasti higenis dan lebih aman tanpa bahaya pengawet. Lalu, sebaiknya tidak menambahkan msg atau penyedap rasa sehingga dapat dimakan dengan lebih nikmat dan aman.

Perkedel kentang ayam

Salah satu makanan untuk balita yang enak dan mudah dicerna yaitu perkedel kentang ayam. Makanan tersebut juga kaya protein dan vitamin sehingga sangat membantu tumbuh kembang balita. Perkedel kentang ayam sangat mudah dibuat dengan peralatan dan bahan yang sederhana.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan perkedel kentang ayam antara lain seperti kentang, seledri, wortel, ayam, bawang goreng, telur, garam, dan lada. Khusus untuk makanan balita, pemakaian bubuk lada perlu diperhatikan, sebaiknya jangan terlalu banyak agar rasanya tidak terlalu pedas.

Demikian ulasan tentang makanan sehat dan bergizi untuk balita, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi sehat keluarga Anda. Perhatikan selalu asupan gizi anak-anak Anda untuk menunjang kecerdasan dan tumbuh kembangnya dengan lebih maksimal. Selamat mencoba.

Rujukan Lainnya:

ayam aduan sering menguap, ayam bangkok sering nguap, ayam selalu menguap, Obat ayam nguap, spasmomen dimakan jika, cara mengeraskan jalu ayam yang lembek, cara mengatasi ayam bangkok mulut sering menguap, penyebab ayam sering menguap, Penyebab ayam bangkok sering menguap, ayam bangkok sering

[Dwi Utami - DokterGaul.com]