Manfaat Mandi Air Dingin yang Perlu Anda Tahu

Mandi pagi adalah hal yang wajib sebelum anda memulai aktivitas anda selama sehari. Anda dapat melakukan mandi pagi dengan menggunakan air dingin maupun air hangat. Ternyata, mandi menggunakan air dingin memiliki beberapa manfaat, di antaranya yaitu :

Membantu memberikan energi

Melakukan berbagai macam kegiatan selama satu hari tentu saja membutuhkan banyak energi. Mandi dengan air dingin akan membantu mengaktifkan hormon endorfin sehingga membuat anda lebih terjaga. Karena itu, memulai hari dengan mandi air dingin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi energi anda.

Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

JANGAN LEWATKAN:

Selain memberikan energi, mandi air dingin juga dapat membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi. Konsentrasi yang baik akan turut membantu anda menjadi lebih produktif. Jika pekerjaan anda adalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, ada baiknya anda melakukan mandi pagi dengan menggunakan air dingin sebelum berangkat kerja.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkombinasikan mandi air hangat dengan air dingin diketahui dapat membantu anda terhindar dari resiko terkena penyakit hingga 30 persen. Anda dapat mengawali mandi dengan menggunakan air hangat, dan mengakhirinya dengan air dingin. Dengan cara ini, selain membantu tubuh anda menjadi lebih tahan terhadap penyakit, juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental dengan mengurangi rasa cemas dan meningkatkan rasa puas dalam memaknai hidup.

Mengembalikan Mood

Jika anda sedang mengalami kecemasan atau memiliki suasana hati yang kurang baik, mandi air dingin dapat membantu anda mengurangi gejala tersebut. Bagi orang yang mengalami depresi, mandi air dingin di pagi hari ternyata dapat membantu menjadikan jiwanya menjadi lebih sehat. Hal ini karena, saat mandi dengan air dingin, impuls listrik bergerak dari ujung-ujung saraf perifer ke bagian otak. Kondisi ini memiliki efek seperti antidepresan alami sehingga dapat membantu mengurangi rasa depresi.

Itulah beberapa manfaat mandi dengan menggunakan air dingin di pagi hari. Jika anda merasa sedang tidak berada dalam kondisi yang prima atau merasa jenuh, ada baiknya anda mencoba untuk mandi dengan air dingin untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan jiwa anda serta mengembalikan produktivitas anda.

Rujukan Lainnya:

apa itu peranakan dingin

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]