Ciri-Ciri Kosmetik Aman Menurut BPOM

DokterGaul.com – Ciri-ciri kosmetik aman menurut BPOM ternyata saat ini banyak sekali kosmetik di Indonesia dengan berbagai merek dan kegunaan. Siapa yang tidak mengetahui mengenai kosmetik, kosmetik merupakan salah satu kebutuhan primer bagi wanita bahkan ada beberapa pria yang juga menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan mereka. Kosmetik memang memiliki banyak sekali kelebihan ketika digunakan, bahkan hanya dengan menggunakan kosmetik anda dapat tampil percaya diri bak permasuri hanya dengan menggunakan kosmetik. Kosmetik memang bermacam-macam mulai skin care, beauty care, ataupun perawatan alis, eye shadow set dan perawatan bibir. Semua itu memiliki kelebihan masing-masing dan kegunaan masing-masing yang mendukung penampilan. Namun ternyata saat ini banyak sekali kosmetik yang berbahaya dan bersifat ilegal, apalagi kosmetik impor dari china yang ternyata tidak memiliki izin resmi, perlu kehati-hatian untuk mengetahui berbagai ciri-ciri kosmetik aman yang sudah direkomendasikan oleh BPOM (badan pemeriksan obat dan makanan).

Disini saya  akan memberikan informasi mengenai kosmetik aman menurut BPOM yang tentunya sudah menjadi hak paten untuk dipatuhi dan dimengerti.

  1. Lihat apakah terdapat izin BPOM.

Biasanya pada kemasan kosmetik tertera nomer regristrasi dari badan obat dan makanan. Tulisan tersebut berupa angka yang terdapat pada kemasan luar kosmetik. Baik cream, skin care, lipstik dan berbagai kosmetik pastinya memiliki izin tersendiri. Apabila tertera kode regristrasi izin dan anda masih ragu, anda dapat mengecek izin tersebut di website resmi badan pemeriksa obat dan makanan. Disana anda dapat mengecek kode regristrasi, biasanya yang sudah terdaftar maka nomer yang anda tulis akan muncul dengan keterangan telah lolos uji dan ijinnya.

  1. Lihat komposisi.

Hal ini merupakan sesuatu yang wajib bagi anda, dengan melihat komposisi dari bahan kosmetik tentunya anda juga akan mengetahui kandungan apa saja dan berbahaya atau tidak kosmetik tersebut.  Namun banyak yang belum mengetahui mengenai kandungan apa yang berbahaya di dalam kosmetik tersebut. salah satu kandungan berbahaya dalam kosmetik dan seharusnya tidak masuk ke dalam kosmetik adalah mercury, mercury merupakan salah satu zat berbahaya yang mana memang merupakan zat kimia yang biasanya digunakan dalam memersihkan perhiasan dan logam sejenisnya. Apabila kulit terkena mercury secara terus menerus maka kemungkinan besar  terkena kanker kulit akan menjadi besar, bahkan jangka panjang dapat menyebabkan kanker kulit stadium akhir terjadi pada kulit anda. biasanya mercury terdapat pada kosmetik terlarang dalam bentuk cream. Apalagi ketika anda membeli cream tanpa ada produk komposisinya pastinya akan lebih berbahaya dan pastikan diri dan tidak tergiur dengan cream tersebut.

  1. Lihat tekstur, aroma dan warna.

Biasanya kosmetik yang berbahaya akan memiliki aroma wangi yang menyengat tetapi apabila dihirup lama-lama wanginya membuat anda pusing, selain itu kosmetik tersebut memiliki tekstur yang cukup lengket dan memiliki warna cream atau kosmetik yang tidak rata termasuk lipstik. Biasanya apabila anda memilih lipstik kw lipstik tersebut ketika dipakai akan meninggalkan rasa yang tidak begitu enak di mulut selain itu lipstik biasanya akan berefek secara spontan di bibir dan menjadi pecah-pecah. Selain hal tersebut biasanya kosmetik dengan harga yang di bawah standar juga merupakan salah satu ciri kosmetik berbahaya. Lebih baik memilih kosmetik berkualitas atau sesuai harga pasaran supaya anda tidak menyesal nantinya.

Itulah beberapa hal mengenai kosmetik aman menurut BPOM semoga anda mendapatkan referensi dari artikel ini dan lebih berhati-hati untuk memilih kosmetik yang tentunya aman.

Rujukan Lainnya:

kode obat mef, harga obat zensoderm, ciri ciri garnier palsu, zensoderm harga, colipred cream, ciri ciri penyakit lapar garam, ciri-ciri orang yang pernah disodomi, ciri ciri haseline snow asli, ciri ciri iga jarang, ciri ciri rokok kadaluarsa

[Diyah Amartiwi - DokterGaul.com]