Penderita Mata Minus Harus Memperhatikan Hal-Hal Ini

DokterGaul.com – Siapa yang belum mengetahui gangguan pada mata yang satu ini?, pasti semua orang sudah mengetahui gangguan mata minus yang satu ini yang mana merupakan salah satu gangguan pada mata yang juga sering disebut rabun jauh atau miopia, gangguan pada mata ini merupakan salah satu gangguan akibat tidak berfungsinya dengan baik lensa mata yang mana akan mengalami penurunan penglihatan pada jarak jauh, misalnya saja ketika seseorang siswa duduk dibelakang dengan jarak papan tulis dan tempat siswa duduk adalah sekitar 5-7 meter, mereka sudah tidak dapat melihat dengan baik apa yang ditulis di papan tulis walaupun tulisan sudah cukup besar menurut mata normal. Hal ini menjadi salah satu gangguan tersendiri bagi penderitanya, yang pada akhirnya mereka harus memakai kacamata untuk membantu proses melihat, adapula mereka yang menggunakan soflen untuk membantu dalam kegiatan sehari-harinya. Bicara mengenai kacamata pastinya setiap orang akan merasakan kesusahan tersendiri ketika mengendarai motor atau ketika musim hujan, ada saja gangguan ketika memakai kacamata seperti embun yang setiap kali muncul pada kacamata serta berbagai gangguan yang lainnya. namun ada beberapa cara menangani miopia yaitu salah satunya adalah dengan melakukan operasi bedah yang mana menelan biaya yang cukup mahal untuk membenahi mata yang mengalami gangguan miopia tersebut, namun hal tersebut hanya dapat dilakukan jika mata minus sudah mencapai lebih dari -6. Hal ini karena apabila masih minus sedikit antara -1 sampai -2,5 artinya masih dapat disembuhkan dengan cara-cara memperbaiki pola hidup yang sehat.

Disini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai penderita mata minus harus memperhatikan hal-hal ini.

  1. Jangan terlalu dekat dengan layar monitor.

Apabila anda penderita minus dan kamu bekerja setiap hari menggunakan layar monitor usahakan pada posisi yang sesuai prosedur yaitu antara 30 cm sampai 45 cm jarak antara mata dengan monitor, hal ini akan mengurangi mata lelah dengan cepat. Apabila kamu sudah menderita miopia tetapi malah mendekatkan mata kamu secara terus menerus ke layar monitor tanpa prosedur yang benar bisa-bisa mata kamu malah semakin mengalami kerusakaan, bukan hanya pada miopia yang semakin parah mungkin juga akan terjadi iritasi pada mata kamu. Kamu juga harus mengetahui mengenai pola istirahat yang benar untuk mata kamu, usahakan setiap minimal 6-7 jam sekali melihat monitor lalu kamu melakukan istirahat untuk mata kamu antara 30 menit. Pejamkan mata dengan perlahan lalu buka kembali mata kamu atau kamu dapat melakukan sedikit istirahat yang lainnya.

  1. Lepaskan kacamata jika tidak diperlukan.

Melepaskan kacamata jika tidak diperlukan memanglah sangat baik, jadi ketika kamu tidak begitu memerlukan kacamata kamu seperti halnya mengobrol dengan teman, pergi tidur atau kamu sedang beristirahat menikmati teh, sebaiknya kamu melepaskan kacamata kamu agar mata dapat istirahat.

  1. Hindari bermain gadget di tempat gelap.

Menghindari bermain gadget di tempat gelap akan meminimalisir timbulnya penambahan minus pada mata.

  1. Pakai kacamata sungless.

Kamu harus mengetahui kacamata minus tidak baik untuk kondisi di luar rumah yang panas, beberapa kali gunakan kaca mata sungless ketika di luar rumah yang terik.

  1. Pola hidup sehat.

Melakukan olahraga teratur, tidur sesuai jadwal dan tidak mengkonsumsi makanan junk food merupakan salah satu hal yang penting untuk menyembuhkan mata minus kamu.

Itulah yang penderita mata minus harus memperhatikan hal-hal ini, semoga mata kamu segera sembuh dari miopi.

 

Rujukan Lainnya:

residif artinya, descriptive text tentang kacamata, mukung artinya, apa nutrilite bisa menyembuhkan mata minus, diagnosa RFA, hypoechoic artinya, kolep artinya, transposisi lensa kacamata

[Diyah Amartiwi - DokterGaul.com]