Begini Biar Kuat Puasa Meski Olahraga

DokterGaul.com – Selama berpuasa, anda harus menahan diri dari makan dan minum kurang lebih selama 13 jam. Kondisi ini tentu saja membuat anda merasa lelah khususnya pada siang hari. Lalu, bagaimana jika anda tetap ingin berolah raga selama puasa?

Berikut ini beberapa tips olah raga yang dapat anda lakukan sambil tetap menjalankan ibadah puasa.

Low Impact Exercise

Selama berpuasa, sebaiknya anda menghindari olah raga yang membutuhkan aktivitas berat atau membuat anda cepat merasa lelah. Olah raga high impact selama berpuasa bukanlah sebuah pilihan karena dapat membuat anda merasa sangat lelah dan kesulitan melanjutkan ibadah puasa.

Selain itu, olah raga low impact akan memabantu anda untuk menjaga cairan tubuh dan kandungan gula darah dalam tubuh agar tetap stabil dan tidak banyak berkurang. Beberapa alternatif olah raga low impact yang dapat anda lakukan misalnya seperti berjalan cepat,  bersepeda santai, taichi, yoga, dan lain-lain.

Saat melakukan olah raga, sebenarnya anda tidak harus mengeluarkan keringat ketika berolah raga, asal degup jantung anda sudah memasuki zona aerobik, maka hal tersebut sudah cukup. Bagi anda yang berumur 25 tahun, degup jantung yang memasuki zona aerobik adalah sekitar 120 degup per menit, atau 60% dari 225 dikurangi usia anda.

Di samping itu, untuk mengurangi dehidrasi yang disebabkan oleh penguapan dan pengeluaran keringat berlebih, sebaiknya anda melakukan olah raga di tempat yang sejuk.

Berolah raga menjelang buka puasa

Jika anda khawatir merasa lapar setelah berolah raga, maka anda dapat melakukan olah raga di sore hari menjelang berbuka puasa atau sekitar satu jam sebelum adzan maghrib. Dengan begitu, selesai berolah raga anda dapat segera minum atau makan sehingga resiko dehidrasi dapat dihindari dan penurunan gula darah dapat segera diganti.

Selain itu, anda juga tidak perlu melakukan olah raga setiap hari. Pada dasarnya, jika anda melakukan olah raga low impact dan meraih zona aerobik sekitar 60% hingga 80%, anda cukup melakukan olah raga sekitar 3 hingga 5 kali dalam sepekan dengan durasi sekitar 30 menit.

Dan hal lain yang perlu anda perhatikan adalah kemampuan anda sendiri. Jangan memaksakan diri jika mata anda sudah gelap berkunang-kunang saat olahraga, karena hal tersebut mengindikasikan bahwa gula darah anda menurun.

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]