Berlari Menggunakan Jaket, Bahaya!

DOKTERGAUL – Berlari merupakan olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat. Olahraga satu ini merupakan olahraga yang paling banyak dilakukan. Bahkan beberapa orang melakukan olahraga ini bukan untuk kesehatan semata, tetapi juga untuk rekreasi contohnya ketika Anda dan keluarga memutuskan untuk jogging sore di taman, tentu Anda juga berniat untuk quality time dengan keluarga bukan? Karena banyak manfaatnya dan mudah dilakukan, olahraga ini digemari.

Namun, ada salah satu tren tentang berlari yang berbahaya, yaitu lari dengan menggunakan jaket. Banyak orang beranggapan, jika mereka berlari dengan jaket, tubuh mereka akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Tren seperti ini juga dilakukan oleh para kaum wanita yang hendak menurunkan berat badan, banyak yang beranggapan semakin banyak keringat yang keluar saat berlari maka semakin banyak lemak terbakar sehingga berat badan akan cepat berkurang. Padahal, hal ini justru berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul jika Anda berlari dengam menggunakan jaket.

1. Mengalami dehidrasi berat

Jika Anda berlari dengan menggunakan jaket, maka tubuh Anda dipaksa untuk mengeluarkan cairan lebih banyak. Hal ini akan mengakibatkan Anda mengalami dehidrasi berat, cirinya adalah kelelahan, rasa pusing, bahkan linglung.

2. Heat stroke

Heat stroke terjadi akibat tubuh terkena panas dalam kurun waktu yang sangat lama, namun tubuh gagal dalam mengeluarkan cairan yaitu keringat yang cukup untuk mengembalikan suhu tubuh. Jika hal ini terus berlanjut dan tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kerusakan yang permanen hingga kematian. Ciri terjadinya heat stroke adalah wajah pucat, tangan dingin, mata berkunang-kunang hingga pingsan.

3. Kram karena panas

Kram atau kejang otot ini terjadi akibat tubuh terkena paparan panas dalam waktu yang lama. Sehingga tubh mengeluarkan banyak cairan serta elektrolit karena keringat berlebih. Biasanya seseoranv akan mengalami kram panas jika mereka melakukan suatu aktivitas berat dalam suhu yang panas.

4. Heat exhaution

Ini diakibatkan jika seseorang menyepelekan kram panas di mana tubuh terkena panas dalam waktu lama dan kehilangan banyak cairan karena keringat yang berlebih. Keadaan ini dapat membuat Anda kelelahan, pusing, lemah, tekanan darah menjadi rendah hingga pingsan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat terjadi jika kamu berlari menggunakan jaket. Ketika berlari sebaiknya kamu menggunakan pakaian nyaman yang menyerap keringat saja, jangan yang terlalu tebal. Hindari lari pada tengah haris saat matahari terik, sebaiknya lakukan olahraga lari saat pagi atau sore.

Cairan dalam tubuh Anda juga harus tetap terjaga, minumlah air putih atau isotonik agar tubuh tidak kekurangan cairan. Serta, usahakan menggunkan sepatu khusus lari, karena sepatu jenis ini biasanya telah dilengkapi teknologi untuk mencegah cedera saat berlari.

Rujukan Lainnya:

mimpi keluar paku dari dubur

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]