Penyebab Terlambat Datang Bulan

DokterGaul.com – Terlambat datang bulan memang seringkali cukup meresahkan atau justru menjadi momen yang dinantikan bagi anda yang ingin memiliki momongan. Alasan paling umum yang dapat membuat haid datang terlambat adalah kehamilan. Namun ternyata, kehamilan bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan anda mengalami terlambat datang bulan.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang dapat membuat anda mengalami terlambat datang bulan:

Stress

Stress dapat memberikan pengaruh terhadap siklus menstruasi anda. Hal ini karena saat anda mengalami stres, produksi hormon GnRH akan menurun sehingga ovulasi menjadi terhambat dan mengakibatkan haid tidak datang.

Olahraga dan Kelelahan

Olahraga yang terlalu berat dapat membuat siklus haid anda menjadi tidak teratur. Meskipun kelelahan dan olahraga kadang kala dapat mempercepat siklus haid, namun melakukan olahraga yang terlalu berat atau kelelahan yang sangat justru dapat membuat terlambat datang bulan.

Perubahan Berat Badan

Mengalami perubahan berat badan yang signifikan seperti menjadi terlalu gemuk atau menjadi terlalu kurus dapat mengganggu siklus menstruasi anda. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan anda tetap ideal agar siklus haid anda juga menjadi teratur.

Sakit dan Konsumsi Obat

Sakit dalam jangka waktu panjang dan konsumsi beberapa obat juga dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur. Obat-obatan seperti obat sakit telinga dan obat gatal dapat menjadikan siklus haid anda menjadi terlambat. Namun, setelah anda sembuh atau tidak lagi mengkonsumsi obat, menstruasi anda akan kembali ke siklusnya yang normal.

Salah Hitung Tanggal

Pada umumnya, siklus haid berlangsung selama 28 hari, namun tidak selalu tepat 28 hari. Tetapi siklus menstruasi yang dimiliki setiap wanita biasanya berbeda. Kadang kala, seorang perempuan mengira siklus haidnya datang terlambat, padahal hanya salah hitung saja sehingga terlihat sebagai siklus saja. Karena kadang kala, haid memang datang tidak teratur setiap bulan.

Itulah beberapa penyebab haid datang terlambat selain karena hamil. Dengan mengetahui hal tersebut, anda dapat membantu diri anda agar dapat segera memulihkan kondisi anda akan datang bulan anda datang dengan teratur. Namun, untuk memastikan, anda dapat melakukan test pack untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti atau mengunjungi dokter kandungan.

Rujukan Lainnya:

PP test singkatan dari

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]