Gatal karena Batuk Kering? Atasi dengan Obat Alami Ini

Punya masalah dengan batuk kering yang gatal? Batuk kering bisa melanda siapa saja baik anak-anak ataupun orang dewasa. Seringkali batuk kering mengganggu aktifitas sehari-hari karena tenggorokan terasa gatal. Keadaan yang tidak nyaman tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan mudah dengan memakai pereda alami yang terbuat dari bahan-bahan herbal di sekitar rumah. Yuk simak ulasan berikut ini tentang cara meredakan batuk kering dengan obat alami.

Jahe Hangat

Jahe termasuk ke dalam rempah-rempah yang kaya khasiat, salah satu khasiatnya yaitu untuk meredakan batuk kering. Anda bisa membuat minuman jahe hangat dengan dicampur teh. Minuman tersebut sangat mudah dibuat yaitu dengan cara membakar jahe terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menggeprek atau menumbuk jahe bakar tersebut secara kasar. Campurkan sedikit teh dan beri air panas. Anda dapat menikmati minuman tersebut dengan menghirup aromanya terlebih dahulu lalu meminumnya secara perlahan.

Kunyit ditambah madu

Kunyit memiliki kandungan antibiotik yang bisa meredakan peradangan pada saluran pernapasan. Sedangkan, madu memiliki  kandungan nutrisi dan antioksidan yang bagus sehingga bagus untuk menyembuhkan batuk. Kombinasi kedua bahan antara kunyit dan madu memang sangat bagus. Minuman kunyit dan madu tersebut ternyata mampu meredakan batuk kering secara efektif. Anda perlu mencobanya karena minuman tersebut juga dapat membangkitkan nafsu makan sehingga penyakit dapat cepat hilang.

Jeruk nipis

Banyak orang tua yang menyarankan meminum air jeruk nipis ketika batuk, bahkan ada yang menyarankan untuk menambahnya dengan kecap. Cara tersebut ternyata sangat membantu meredakan higgga mengobati batuk. Campurkan 1 sendok makan kecap dan 1 sendok makan perasan jeruk nipis. Anda bisa meminumnya 3 kali dalam satu hari.

Air garam

Air hangat yang dicampur dengan garam ternyata sangat membantu untuk membunuh bakteri-bakteri pada rongga ulut hingga tenggorokan. Berkumurlah dengan air garam sesering ungkin agar bakteri penyebab iritasi dapat cepat hilang. Selain itu, sebaiknya Anda banyak meminum air putih biasa agar batuk cepat reda. Tenggorokan yang kering bisa membuat rasa gatal makin menjadi dan mengakibatkan luka.

Itulah cara meredakan batuk kering dengan bahan-bahan alami. Sebaiknya Anda perlu menghindari beberapa makakan yang memicu terjadinya alergi. Beberapa makanan yang bisa memicu alergi antara lain seperti minuman bersoda, kacang-kacangan, susu, telur, dan juga makanan yang digoreng. Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

kegunaan obat halfilyn, batuk berasa besi, obat batuk triadex, batuk terasa besi, obat batuk riak bergelembung, manfaat halfilin, khasiat energen dicampur madu, berapa angka mimpi batuk dara, batuk rasa, batuk berdahak rasa besi

[Dwi Utami - DokterGaul.com]