Maag Jangan Disepelekan, Atasi dengan Cara Ini

 

DOKTERGAUL.COM – Maag merupakan penyakit yang dialami hampir semua orang. Penyakit ini disebabkan oleh naiknya asam lambung pada lambung Anda sehingga munculnya nyeri. Pemicu naiknya asam lambung ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti memakan makanan yang terlalu asam, terlalu dingin, terlalu pedas, telatnya waktu asupan makanan, stress atau akibat dari konsumsi obat yang mengandung asam seperti aspirin, asam mefenamat, ibuprofen dan diklofenat. Selain obat, adapula beberapa sayuran yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti sawi, kubis, dan kol.

Anda dapat mengobati rasa nyeri akibat maag dengan mengkonsumi obat antasid guna menurunkan asam lambung atau menggunakan bahan alami seperti kunyit,

1. Kunyit

Rempah-rempah untuk masakan yang satu ini terkenal dengan ciri khas bau serta warnanya yang kuning. Selain untuk menambah rasa sesap pada masakan, kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati sakit maag. Caranya :

– ambil kunyit yang sudah tua kurang lebih dua buah, kupas kulitnya kemudian cuci hingga bersih.

– parut kunyit yang sudah bersih tadi

– seduh parutan kunyit di dalam 100ml air mendidih

– tunggu hingga air menjadi hangat, kemudian saring

– minum air kunyit tersebut dua kali sehari sebelum makan pagi dan sore agar penyakit maag teratasi

2. Daun Jambu Biji

Kalian pasti tahu buah jambu biji. Biasanya berbentuk bulat atau lonjong dengan daging buah berwarna putih atau merah. Bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, daun jambu biji juga dapat kamu manfaatkan untuk mengobati sakit maag. Caranya :

– Ambil sekitar 5 lembar daun jambu biji, kemudian cuci hingga bersih.

– Rebuslah daun jambu biji di dalam air mendidih hingga airnya sedikit berkurang.

– Diamkan air rebusan hingga hangat.

– Minum air rebusan daun jambu setiap hari agar sakit maag tidak kembali datang.

3. Pisang

Buah pisang memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri dan miroorganisme dalam lambung penyebab penyakit maag. Caranya sangat mudah, cukup konsumsi pisang yang sudah matang setiap hari.

Selain dengan cara diatas, Anda juga perlu melakukan beberapa hal agar terhindar dari penyakit maag. Pertama hindarilah mengkonsumsi makanan yang dapat menaikkan asam lambung contohnya seperti kopi, makanan dengan lemak tinggi, cuka, kol, cabai, dan sawi. Bagi Anda yang memiliki maag ringan, mungkin Anda tetap dapat mengkonsumi makanan tersebut, namun dalam jumlah yang dibatasi. Tetapi bagi Anda yang memiliki maag akut, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu maag Anda kumat. Selain memilih makanan, Anda juga harus menjaga pola makan. Jangan sampai waktu makan Anda tertunda karena aktivitas lain.

Mulai sekarang, jalanilah pola hidup sehat. Dengan menjalaninpola hidup sehat, bukan hanya lambung saja yang terjaga kesehatannya, tetapi seluruh bagian tubuh Anda.

Rujukan Lainnya:

argumentasi tentang kunyit, asam cuka belimbing asam jawa mempunyai rasa yang sama yaitu asam bagaimana zat yang berbeda itu mempunyai rasa yang sama, mimpi mencabut kunyit banyak, apa arti mimpi ngambil kunir, mimpi melihat pohon kunir dan pohon kencut, mimpi melihat pohon kunir dan pohon kencur, mimpi cabut kunyit, manfaat agoniadin, jurnal bengkuang dan kunyit pada penyakit maag, boreh asam urat

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]