Manfaat Daun Salam yang Harus Anda Ketahui

DOKTERGAUL.COM – Daun salam memiliki bau khas yang akan membuat sebuah makanan terasa lebih nikmat. Inilah yang membuat daun salam sering digunakan sebagai tambahan bumbu bagi banyak masakan.

Anda mungkin sering menjumpai daun satu ini berada di dalam sayur bening, ataupun sayur kuah lainnya. Namun tahukah Anda bahwa selain untuk melezatkan makanan,  daun salam juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan lhoo~

1. Mencegah Kanker

Daun satu ini mengandung asam caffeic, euganol, catechin dan quercetin. Kandungan tersebut dapat memberikan perlindungan dan perlawanan terhadap berbagai penyakit kanker. Kandungan phytonutrient yang ada di dalamnya sudah terbukti dapat menahan proliferasi sel kanker serviks.

2. Mengobati batuk

Kalau kamu sedang terserang batuk, pilek dan gejala flu lainnya, daun salam dapat membantu meringankan masalah kesehatan tersebut. Jika kamu mengalami gangguan pernafasan seperti batuk & pilek, cara mengatasinya adalah rebus air hingga mendisih kemudian masukkan 2-3 lembar daun salam.

Lalu matikan kompor, biarkan air menguap sampai kurang lebih 10 menit dan suhunya menurun. Kemudian ambil kain dan celupkan ke dalam air rebusan tadi dan letakkan di dada. Hal ini dapat meringankan batuk, pilek dan gejala flu lainnya.

3. Mengobati diabetes

Daun salam telah terbukti dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan glukosa pada darah. Agar hasilnya maksimal, konsumsilah bubuk daun salam selama rutin 30 hari.

Daun salam mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Bahan satu ini dapat membuat insulin lebih efisien sehingga tepat untuk penderit diabetes yang menderita.

4. Mengurangi rasa sakit

Jika kamu menggunakan minyak ekstrat dari daun salam, rasa sakit akibat keselo, rematik, arthritis dan strain akan berkurang karena minyak daun salam mengandung anti inflamasi.

Untuk mengatasi nyeri sendi, ikatlah daun salam tanah dengan daun jarak kemudian rekatkan pada daerah sekitar sendi yang nyeri maka rasa sakit dan pembekakan akan berkurang.

Daun salam juga dapat melancarkan peredaran darah serta meredakan sakit kepala dan migrain.

5. Meredakan maag

Sakit maag merupakan penyakit yang sering disepelekan. Padahal kalo maag sudah dalam tahap akut, hal ini tentu sangat berbahaya. Penyakit ini dapat kambuh jika penderitanya telat makan yang menyebabkan naiknya asam lambung dalam tubuh.

Seseorang yang mengalami sakit maag akan merasakan nyeri di perut bagian kiri atau merasa mual. Daun salam dapat membantu Anda mengatasi masalah sakit maag.

Caranya, rebuslah 15-20 lembar daun salam di dalam 1/2 liter air, rebus hingga airnya berkurang. Kemudian tambahkan gula aren secukupnya. Minumlah air rebusan ini secara rutin, maka sakit maag Anda akan mereda.

***

Demikianlah beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]