Ini Manfaat Kolang Kaling yang Belum Anda Tahu

DokterGaul.com – Selama bulan Ramadhan, anda tentu saja sangat mudah menemukan berbagai penjual takjil untuk menu pembuka puasa mulai dari sop buah, pacar cina, kolak, dan lain sebagainya.

Salah satu penganan yang dapat anda temukan di hari Ramadhan adalah kolang-kaling atau di beberapa tempat disebut juga sebagai buah atep. Kolang kaling memiliki bentuk yang lonjong, dengan tekstur kenyal, dan berwarna putih. Kadar air dalam kolang kaling cukup tinggi yaitu mencapai 93%. Selain kandungan air yang tinggi, kolang kaling juga mengandung protein, karbohidrat, potasium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan gelatin.

Biasanya, kolang kaling disajikan sebagai campuran es buah, cendol, atau direndam dalam sirup manis dan dimakan langsung. Selain teksturnya yang menarik dan rasanya yang enak, kolang kaling juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat kolang kaling adalah:

Memperkuat Tulang

Setiap 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium. Sedangkan susu memiliki 125 mg kalsium dalam setiap 100 gram susu sapi murni. Kalsium merupakan salah satu mineral yang diperlukan tubuh dan berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi anda. Susu sapi merupakan salah satu sumber kalsium yang banyak dikenal. Bagi anda yang memiliki alergi terhadap susu sapi, mengkonsumsi kolang kaling dapat menjadi salah satu alternatif sumber kalsium yang dapat anda konsumsi.

Sebagai Makanan Diet

Selain memiliki kandungan air yang banyak, 100 gram kolang kaling juga memiliki kandungan protein sekitar 0,69 gram dan karbohidrat sekitar 4 gram. Selain itu, kandungan gelatin yang ada pada kolang kaling juga memberikan efek kenyang yang lebih panjang, sehingga akan dapat menekan nafsu makan anda, dan mengurangi asupan makanan yang anda konsumsi.

Obat Radang Sendi

Apabila anda memiliki radang sendi, cobalah untuk mengkonsumsi sekitar 100 gram buah kolang kaling setiap harinya. Namun, usahakan untuk tidak menambahkan pewarna atau pemanis apapun ke dalam kolang kaling yang anda konsumsi.

Kaya Akan Serat

Serat telah sejak lama diketahui memiliki manfaat yang sangat baik bagi sistem pencernaan anda seperti memperlancar susah buang air besar, sembelit, atau diare. Mengkonsumsi 5 hingga 10 butir kolang kaling setiap hari dapat membantu memperlancar sistem pencernaan anda.

Rujukan Lainnya:

kegunaan sirup primavon, kenapa kikil pahit, kikil sapi terasa pahit, sirup primavon

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]