Waspada, Inilah Dampak Buruk dari Olahraga Berlebihan

Tubuh perlu digerakkan agar sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh dapat lancar, hal tersebut dapat diatasi dengan berolahraga. Olahraga yang dengan porsi yang tepat akan sangat membantu memperbaiki struktur tulang dan bisa mencegah penyakit-penyakit yang membahayakan. Namun ternyata masih ada beberapa orang yang salah dan masih berlebihan saat olahraga. Terlalu berlebihan ketika berolahraga juga mampu memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Simak ulasan berikut tentang bahaya dari olahraga yang berlebihan.

Inilah Beberapa Dampak Buruk dari Olahraga Berlebihan

1.Osteoarthritis

Olahraga yang berlebihan dapat mengakibatkan peradangan pada sendi atau osteoarthritis. Penyakit tersebut tergolong kronis sebab tulang mengalami proses pengapuran. Gejala osteoarthritis berupa nyeri, rasa kaku pada sendi, dan tampak bengkak pada area persendian. Penyakit ini harus cepat ditangani karena bila tidak ada tindakan apapun lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada tulang beserta jaringan disekitarnya. Hal tersebut tentu membahayakan sebab bisa menimbulkan penyakit permanen.

  1. Anoreksia

Anoreksia adalah salah satu gangguan kesehatan jiwa akibat dari olahraga berlebihan. Para wanita yang melakukan olahraga berlebihan memang dapat terjangkit anoreksia sehingga terobsesi untuk mempunyai tubuh yang kurus. Bebepara gejala penyakit tersebut antara lain seperti sering memuntahkan makanan yang sudah dimakannya, rambut rontok, penurunan berat badan secara sigifikan, dan juga sering mengonsumsi obat pencahar. Gangguan kesehatan jiwa pada wanita ini tergolong membahayakan karena bisa mengakibatkan masalah kesehata yang lainnya seperti anemia, gagal ginjal, gagal jantung, hingga kerusakan pada otak.

  1. Amenorrhea

Amenorrhea terjadi pada wanita yang melakukan olahraga secara berlebihan. Wanita akan mengalami periodesasi menstruasi yang tidak teratur karena disebabkan oleh kelelahan. Bila wanita mengalami hal tersebut maka akan mengganggu tingkat kesuburan wanita. Selain itu juga bisa mempercepat kerapuhan tulang karena hormon estrogen rendah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena gangguan kesuburan tersebut terjadi setelah wanita melakukan olahraga yang berlebihan atau ekstrem. Nah, sebaiknya para wanita perlu menghundari olahraga yang berlebihan agar kesehatannya tetap terjaga.

  1. Pembekuan Darah

Kebanyakan orang salah mengartikan bahwa olahraga dengan intensitas yang tinggi dapat membakar lemak makin banyak. Padahal, hal tersebut justru akan menimbulkan penyakit yang membahayakan bahkan hingga mengancam nyawa. Olahraga yang berlebih bisa mengakibatkan pembekuan darah atau deep vein thrombosis yang dapat menyumbat arteri. Pembekuan darah sangat berbahaya bila bekuan darah tersebut ikut mengalir dalam darah dan bisa menyumbat pembuluh darah. Di lain kondisi, bekuan yang mengalir dan tersangkut di otak akan mengakibatkan stroke.

  1. Pembesaran Jantung

Olahraga berlebihan memicu pembesaran organ jantung. Pada saat seseorang berolahraga mengangkat beban, kecenderungan yang terjadi adalah menahan napas. Nah, pada saat yang sama, orang tersebut mengangkat beban dan menahan napas sehingga udara tidak dapat ke luar jantung. Hal tersebut mengakibatkan jantung membesar. Dampak dari jantung yang membesar dapat dirasakan ketika seseorang tersebut menghentikan rutinitas olahraga. Biasanya orang-orang yang mengalami pembesaran jantung akan cepat lelah bila menghentikan rutinitas olahraganya.

Demikian sedikit ulasan yang mungkin bermanfaat untuk Anda. Sebaiknya lakukanlah suatu hal dengan tidak berlebihan termasuk dalam melakukan olahraga, Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik dan patut ditinggalkan.

Rujukan Lainnya:

dampak positif dari sodomi

[Dwi Utami - DokterGaul.com]