Tips Puasa Lancar Tanpa Gangguan untuk Penderita Maag

Sakit maag bukanlah menjadi kendala dalam menjalankan ibadah puasa. Justru, kebanyakan dokter menganjurkan para penderita maag untuk menjalankan puasa. Maag atau juga dapat disebut dispepsia adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh adanya peradangan pada dinding lambung. Ada 2 golongan penyakit maag yaitu maag organic dan fungsional, nah untuk golongan yang dianjurkan puasa adalah maag fungsional. Maag fungsional akan membaik bila menjalankan puasa karena mampu mengurangi konsusmsi camilan yang berlemak dan kopi. Berikut ini tips untuk menjalankan puasa dengan lancar tanpa gangguan untuk para penderita maag.

Tips-tips Berbuasa bagi Para penderita Maag

  1. Menghindari makanan gorengan, pedas, asam

Pada dasarnya para penderita maag memang dianjurkan untuk menghindari makan makanan yang berminyak, pedas, dan asam. Makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan lambung para penderita maag. Para penderita maag boleh memakan makanan yang dipanggang akan tetapi tidak untuk makanan yang berlemak atau berminyak.

Pada waktu berbuka, Anda bisa mengonsumsi kurma yang kaya akan karbohidrat, magnesium, kalium, dan juga serat. Alangkah baiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat agar tidak mudah lapar ataupun lemas pada saat siang hari. Selain itu, Anda perlu mengonsumsi obat maag yang telah direkomendasikan oleh dokter.

  1. Memakan buah-buahan segar

Buah-buahan segar dapat dikonsumsi untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Beberapa buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita maag antara lain seperti pepaya, pisang, melon, apel, alpukat, dan buah pir.

Saat sahur, para penderita maag boleh mengonsumsi buah pisang karena mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga baikuntuk sistem pencernaan. Buah tersebut juga memiliki tektur lembut sehingga lebih aman untuk dikonsumsi penderita maag. Pisang yang kaya vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat tentu akan memperbaiki dan menjaga tubuh dengan lebih baik.

  1. Konsumsi air putih hangat saat sahur

Bagi para penderita maag tentu dianjurkan untuk meminum air putih sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi terlalu banyak. Air putih hangat menjadi solusi alternatif untuk diminum pada saat sahur. Bagi orang-orang yang terkendala atau mual saat meminum air putih pada waktu di sahur alangkah baiknya meminum air putih hangat secara perlahan.

Setelah berbuka puasa, para penderita maag jjuga boleh mengonsumsi jus buah tanpa gula yang kaya vitamin dan mineral. Hal tersebut tentu sangat baik untuk kesehatan para penderita maag. Selain itu, para penderita maag juga akan mendapatkan asupan nutrisi yang lebih baik.

  1. Menghindari tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur atau makan malam akan sangat membahayakan bagi para penderita maag. Hal tersebut mampu meningkatkan asam lambung sehingga maag dapat kambuh kembali. Selain itu juga akan menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan dan juga penimbunan lemak pada tubuh. Anda bisa mensiasati dan menghindari tidur setelah sahur dengan melanjutkan ibadah dan juga dapat mempersiapkan keperluan-keperluan untuk bekerja.

Demikian tips agar puasa tetap lancar bagi para penderita maag. Puasa bukanlah menjadi hambatan untuk para penderita maag, sebaliknya puasa menjadi obat alami untuk meredakan penyakit tersebut. Semoga dengan ulasan tersebut dapat membantu memperlancar proses ibadah Anda.

Rujukan Lainnya:

di sodomi keluar kotoran, lactasid, nutrieve benecol maag, teks prosedur kompleks tentang menghilangkan insomnia, tips memantat, ubat kampung bagi penyakit firolax

[Dwi Utami - DokterGaul.com]