Hai Wanita, Beginilah Cara Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks menjadi momok bagi para wanita Indonesia. Penyakit tersebut sebaiknya dicegah dengan cara melakukan test dan screening serviks terebih dahulu. Pencegahan sejak awal memang lebih baik karena penyakit tersebut memiliki risiko yang tinggi terhadap kesuburan maupun kesehatan wanita secara keseluruhan.

Penyakit kanker serviks disebabkan oleh virus HPV yang dapat menular dengan berbagai cara. Penularan penyakit tersebut dapat melalui cairan ataupun air yang tercemar dengan virus HPV pada toilet umum. Alangkah baiknya bila Anda berhati-hati saat memakai fasilitas umum. Selain itu, hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan juga mampu meningkatkan risiko terkena kanker serviks. Simak ulasan berikut tentang cara pencegahan kanker serviks yang perlu Anda ketahui.

  1. Melakukan vaksinasi HPV

Pemberian vaksin HPV dapat dilakuakn sejak umum 11 tahun, hal ini sebagai pencegahan dini untuk para wanita. Kanker tersebut menyerang tanpa melihat umur sehingga pencegahan sejak awal memang harus dilakukan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mellakukan vaksinasi tersebut. Pemberian vaksin ini bertujuan untuk pencegahan bukan dilakukan untuk pengobatan.

  1. Mendeteksi kanker dengan Pap Smear

Pencegahhan kanker serviks yang paling efektif adalah dilakukannya pendeteksian melalui alat yang bernama pap smear. Bagi wanita yang telah menginjak usia 21 tahun maka sebaiknya melakukan tes menggunakan pap smear untuk mencegak kanker. Pemeriksaan tes tersebut merupakan tindakan medis dengan memeriksa leher rahim sampai panggul rahim. Tes tersebut dapat dilakukan dengan izin dokter dengan memperhatikan beberapa hal penting antara lain seperti tidak memakai jeli atau cream pada vagina sebelum menjalani tes, dilakukan setelah hari ke 5 periode menstruasi berhenti, dan tidak melakukan hubungan seksual sebelum tes tersebut.

  1. Menghindari Rokok

Rokok terkadang disepelekan, padahal sudah banyak bahaya yang sudah dipaparkan pada bungkus rokok itu sendiri. Kanker serviks menjadi salah satu bahaya rokok sehingga wajib dihindari khususnya untuk para wanita. Zat kimia yang terdapat di dalam rokok ternyata bisa membahayakan kesehatan. Beberapa zat yang terkandung di dalam roko antara lain seperti tar, karbon monoksida, dan juga nikotin. Zat karbon monoksida memang bahaya karena mampu mengikat hemoglobin dalam darah sehingga memicu kehabisan oksigen. Nah, dengan demikian maka sel kanker akan tumbuh dan menyebar dengan cepat serta tak terkendali.

  1. Menghindari Pergaulan bebas dan seks bebas

Pergaulan bebas sudah dilarang sejak awal dan banyak yang tidak setuju, apalagi untuk seks bebas. Banya penelitian yang sudah membuktikan bahwa wanita yang berhubungan seks dengan banyak pria dan sering berganti-ganti maka akan berisiko besar terhadap penyakit membahayakan seperti kanker serviks, HIV, dan penyakit menular seks lainya. Virus kanker serviks memang dapat menular melalui hubungan seks maka sebaiknya Anda berhati-hati dan teguh iman.

  1. Melakukan hidup sehat

Salah satu pencegahan yang efektif dan mudah diilakukan adalah dnegancara hidup sehat. Gaya hidup sehat memang sangat baik untuk mencegah terserangnya beberapa penyakit. Anda bisa berolahraga dengan rutih setiap hari, memakan makanan yang kaya vitamin dan mineral, tdak mengonsumsi rokok ataupun narkoba, istirahat dengan teratur, dan juga memenuhi nutrisi dalam tubuh agar fisik dapat lebih kuat.

Demikian cara-cara pencegahan kanker serviks yang perlu diketahui untuk para wanita Indonesia. Sebaiknya Anda mencegah penyakit kanker serviks sejak dini agar terhindar dari penyakit yang menakutkan tersebut. Selain itu ubahlah gaya hidup Anda sehinga Anda juga bisa menghindari bahaya-bahaya penyakit lain. Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

obat penetral urine narkoba, penularan moim, Bagian2 narkoba, kumpulan leaflet narkoba, merokok dicampur micin, mind mapping kanker serviks, penularan miom, perbedaan papsmear dan ims

[Dwi Utami - DokterGaul.com]