Pria Buncit Rentan Penyakit

DOKTERGAUL.COM – Banyak ahli kesehatan yang sudah membuktikan bahwa pria berperut buncit lebih cenderung terkena serangan jantung. Hal ini disebabkan penumpukan lemak di bagian perut berkaitan dengan keamanan organ vital manusia, seperti jantung.

Pria Buncit Rentan Penyakit
Pria Buncit Rentan Penyakit

Beberapa penelitian melakukan tes terhadap 137 pria berusia 30-71 tahun. Hasilnya penumpukan lemak yang terjadi di perut berhubungan langsung dengan penyakit kardiovaskuler. Dengan artian, pria tersebut lebih beresiko terkena penyakit jantung dibanding orang yang memiliki timbunan lemak di paha atau di tungkai.

Lemak yang terdapat di perut bersifat resisten insulin atau tidak mudah dipengaruhi oleh insulin. Akibatnya hormon insulin tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan kelainan metabolisme tubuh. Inilah yang memicu peningkatan kolesterol.

Penumpukan lemak biasanya terjadi pada pria yang kurang berolahraga dan makan banyak. Risiko pertama yaitu terkena diabetes, lalu timbul kolesterol dan asam urat. Pada wanita, penumpukan lemak biasanya terjadi pada pantat atau bagian tubuh lain.

Rujukan Lainnya:

pehh klorot

[DokterGaul.com - DokterGaul.com]