Cara Mengurangi Mual Saat Hamil

DokterGaul.com – Bagi seorang ibu yang sedang mengalami hamil muda, mual-mual atau biasa disebut sebagai morning sickness adalah hal yang biasa terjadi. Meskipun gejala mual-mual tersebut adalah hal yang wajar, namun jika tidak diimbangi dengan asupan gizi dan hidrasi yang baik, dapat menyebabkan seorang ibu hamil mengalami dehidrasi sehingga menimbulkan resiko yang dapat membahayakan janin.

Jika anda atau istri anda mengalami mual saat hamil muda, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa mual tersebut.

Istirahat

Seorang ibu hamil perlu beristirahat dengan cukup. Selain dengan tidur dan beristirahat yang cukup, mengurangi berbagai aktivitas harian juga dapat dilakukan agar fisik ibu hamil tidak terlalu lelah. Selain itu, menjaga stress dan meminimalisir beban pikiran juga dapat membantu seorang ibu hamil untuk mengurangi rasa mual selama hamil muda.

Olahraga Ringan atau Relaksasi

Meskipun seorang ibu hamil tidak dianjurkan melakukan aktivitas dan olah raga berat, namun seorang ibu hamil tetap dapat melakukan olah raga ringan dan relaksasi untuk menjaga kebugaran tubuh selama hamil. Berjalan-jalan di sekitar rumah atau senam ringan dapat menjadi alternatif olah raga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Konsumsi Buah Segar

Mengganti cemilan dengan buah segar atau cemilan sehat lainnya dapat membantu ibu hamil mengurangi rasa mual sepanjang hamil muda. Pilihlah buah-buah yang anda sukai agar anda lebih mudah mengkonsumsinya. Namun sebaiknya, hindari buah-buahan seperti nanas, pepaya muda, durian, dan buah-buahan lain yang memang tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Mengatur Pola Makan

Saat hamil, sebaiknya anda membagi pola makan anda menjadi porsi yang lebih kecil dengan frekuensi yang lebih sering untuk mengurangi rasa mual. Di samping itu, untuk mengurangi resiko dehidrasi anda juga dianjurkan minum dalam jumlah sedikit namun sering. Selain itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman dingin selama hamil.

Mengkonsumsi Jahe

Sudah sejak lama jahe dikenal sebagai obat untuk mengurangi rasa mual dan memiliki banyak khasiat. Untuk mengkonsumsi jahe, anda dapat merebusnya dan meminumnya sebagai wedang jahe. Meminum jahe hangat dapat mengurangi rasa mual yang anda alami selama hamil muda. Namun anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman jahe instan yang banyak dijual di pasaran karena akan memberikan dampak yang kurang baik bagi ibu hamil.

Rujukan Lainnya:

jual nanas muda di jogja, tempat jual nanas muda di yogyakarta

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]