Bingung Cara Atasi Cacingan Pada Anak? Ini Cara Mengobatinya

Tumbuh kembang pada anak-anak perlu diperhatikan agar mereka dapat terhidar dari penyakit-penyakit yang membahayakan. Namun, tidak dipungkiri bahwa penyakit cacingan dapat menyerang anak-anak dengan cepat dan tidak sengaja. Penyakit tersebut memiliki gejala berupa adanya gangguan pada sistem pencernaan misalnya seperti sakit perut, mual hingga nafsu makan menjadi berkurang. Selain itu juga mengakibatkan demam, asma, alergi karena larva sudah menjajaki organ paru-paru. Hal tersebut sebaiknya diobati dan dicegah dengan maksimal sehingga anak dapat bebas dari cacingan.

Cacing yang menyerang pada anak berasal dari sanitasi lingkungan yang tidak baik. Kebiasaan sepele seperti tidak memakai alas kaki dan buang air besar di sembarangan tempat juga mengakibatkan cacing dapat menyerang lebih cepat. Hal tersebut sebaiknya dihindari. Nah, apabila anak-anak sudah terjangkit cacingan sebaiknya cepat membawanya ke dokter dan mencoba mengobatinya secara alami dengan cara-cara berikut ini.

  1. Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin A sehingga bagus untuk mengobati cacingan pada anak. Pengobatan secara alami tersebut sebaiknya rutin dilakukan agar parasit yang mengganggu tubuh anak Anda dapat cepat hilang. Caranya wortel dibuat jus atau diambil sarinya, Anda juga bisa menambahankan bahan-bahan lain agar rasa jus terasa lebih enak dan anak-anak mau meminumnya.

  1. Bawang Putih

Bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk mengusir cacingan pada anak-anak. Bawang putih ini mengandung antioksidan yang tinggi dan juga antibiotik alami yang sangat bagus untuk melawan cacing pada tubuh anak. Cara pengobatannya juga sangat mudah karena bisa langsung dikunyah atau dimakan. Namun biasanya anak-anak tidak mau karena rasanya getir, maka Anda bisa merebusnya dan mengambil air rebusan tersebut ditambah dengan madu.

  1. Akar delima

Akar delima ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk mengobati cacingan. Anda perlu menyiapkan 7 gram akar delima lalu mencucinya hingga bersih. Setelah itu, akar delima yang sudah bersih direbus dengan memakai air sebanyak satu gelas. Rebuslah hingga benar-benar mendidih, kira-kira sampai 15 menit. Ambillah air rebusan tersebut dengan menyaringnya terlebih dahulu agar lebih mudah saat diminum.

  1. Kelapa

Selanjunya, Anda bisa memanfaatkan kelapa untuk mengobati cacingan dengan menambahkan wortel sebagai campuran. Siapkan seperempat butir kelapa dan satu buah wortel, dan air matang. Kelapa dan wortel diparut selanjutnya masukkan air matang sebanyak satu gelas. Anda bisa memerasnya dengan kain bersih atau saringan dan bisa diminum sebelum tidur. Sebaiknya kelapa dan wortel dicuci dengan bersih sehingga kehigenisanya lebih terjaga.

  1. Biji Pepaya

Biji pepaya yang biasanya dibuang kini dapat dimanfaatkan untuk mengobati cacingan pada anak. Siapkan biji pepaya kering sebanyak 2 sendok dan madu. Cara membuat ramuan obat tersebut yaitu dengan mencampurkan bubuk biji pepaya yang sudah halus dengan sedikit madu. Ramuan tersebut baik dikonsumsi dengan rutin sehari 2 kali.

Demikian cara membuat obat atau ramuan alami untuk mengobati cacingan pada anak-anak. Ramuan tersebut ampuh untuk mengatasi cacingan bila dikonsumsi dengan rutin. Pengobatan alami memang membutuhkan waktu yang tidak singkat akan tetapi tidak akan menimbulkan efek samping apaun sehingga lebih aman. Semoga bermanfaat dan sebaiknya periksakan lebih lanjut pada dokter bila anak Anda nafsu makannya belum meningkat.

Rujukan Lainnya:

payudara anak sd kelas 6, bukapepek anakSD, payudara anak sd kls 6, megang toket anak Smp, cara menumbuhkan payudara anak kls5, cara mengecilkan payudara untuk umur11 tahun, cara mengecilkan payudara untuk anak sd, payudara sd kelas 6, cara mebghilangkan esot dimata, Cara memperbesar kantung kemih

[Dwi Utami - DokterGaul.com]