Suka Tidur Ngiler? Begini Cara Mengatasinya

Apakah Anda sering tidur ngiler? Hal sepele tersebut kerap kali mengganggu banyak orang, apalagi bila tidak sengaja tertidur di kereta, bus, atau di tempat umum. Ngiler saat tidur biasanya terjadi akibat beberapa faktor misalnya seperti tidur dengan keadaan mulut yang terbuka, tengkurap, adanya masalah ada gigi atau gusi, adanya efek samping setelah mengonsumsi obat tertentu, dan lain sebagainya. Sebenarnya Anda bisa mengatasinya dengan mudah sehingga tidak lagi ngiler saat tidur. Mau tahu cara mengatasinya, yuk simak ulasan berikut ini.

Cara mengatasi tidur ngiler

  1. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur yang tepat tidak akan membuat Anda ngiler pada waktu tidur. Biasanya orang-orang suka tidur tengkurap atau miring dengan memeluk guling. Posisi tidur yang seperti itu memang nyaman akan tetapi membuat seseorang menjadi ngiler saat tidur. Apabila Anda ingin menghindari tidur ngiler maka sebaiknya ubahlah posisi tidur Anda dengan terlentang. Posisi tidur terlentang bisa membantu mencegah ngiler pada waktu tidur dan bisa menjaga pernapasan lebih stabil.

  1. Meminum satu gelas air putih sebelum tidur

Air putih memang sangat diperlukan untuk tubuh, dalam hal ini air putih sangat bermanfaat untuk mencegah ngiler saat tidur. Saat rongga mulut dalam keadaan lembab maka produksi air liur menjadi normal. Nah, perlu Anda ketahu bahwa ketika Anda meminum air putih maka air liur menjadi lebih encer, hal tersebut akan berdampak pada penyerapan air liur yang menjadi lebih cepat.

  1. Mandi dengan uap panas

Mandi uap panas ternyata dapat membantu dalam mencegah terjadinya ngiler saat tidur. Saat Anda manndi dengan uap panas maka badan akan lebih rileks. Selain itu upa air tersebut membantu dalam membersihkan sinus sehingga bisa mencegah pernapasan melalui mulut. Pernapasan melalui mulut menjadikan mulut terbuka dan bisa membuat tidur ngiler.

  1. Menghindari makanan yang berasa asam

Bagi Anda  yang menyukai masakan dengan rasa asam maka sebaiknya Anda menghindari dulu agar tidur Anda tidak ngiler. Makanan yang berasa asam membuat produksi air liur makin banyak. Hal tersebut tetu akan menjadi faktor penyebab timbulnya iler saat tidur. Alangkah baiknya bila Anda memakan makanan yang berasa asam tersebut tidak pada waktu malam hari ketika akan tidur sehingga lebih aman dan tidak menimbulkan tidur ngiler.

  1. Memakai minyak esensial

Anda bisa memakai minyak esensial Rose ataupun Eucalyptus saat akan tidur. Minyak esensial dapat membantu mencegah ngiler saat tidur karena sangat bagus dalam mencegah sinus. Dengan mengoleskan minyak tersebut maka tidur Anda akan lebih nyaman dan rileks. Pernapasan hidung pada saat tidur juga lebih teratur sehingga tidak bernapas menggunakan mulut.

Itulah beberapa cara untuk mencegah terjadinya ngiler saat tidur. Apabila Anda tertidur ditempat umum maka sebaiknya menggunakan masker agar lebih tertutupi dan aman. Alangkah baiknya Anda meminum air putih sebelum tidur dengan teratur karena sangat baik untuk kesehatan tubuh serta untuk mencegah tidur ngiler. Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

posisi portio, macam posisi portio, perbedaan pernfasan langsung dan tidak l, macam macam posisi porsio, macam portio, perbedaan pernafasan langsung, perbedaan pernafasan langsungdan tidak, perbedaan pernapasan langsung dan tidak langsung

[Dwi Utami - DokterGaul.com]